Jadi Wamenlu, Mahendra Siregar Diminta Jaga Keberlangsungan Sawit

Oleh: Bayu Septianto - 25 Oktober 2019
Mahendra Siregar diposisikan oleh Presiden Jokowi sebaga Wakil Menteri Luar Negeri.
tirto.id - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar menyampaikan dirinya diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk mengisi posisi Wakil Menteri Luar Negeri.

Usai menemui Jokowi, Mahendra menyebutkan beberapa arahan dari Jokowi mengenai masalah luar negeri dan global, salah satunya peningkatan kualitas promosi investasi perdagangan.

“Bapak presiden memberikan mandat pada kami, koordinasikan kerja sama dengan Kemendag, BKPM untuk bisa cepat gerak sehingga tidak terjerat proses dan birokrasi,” ujar Mahendra di Istana Kepresidenan, Jumat (25/10/2019).

Mahendra menuturkan, tugas lain yang diberikan Jokowi kepada dirinya adalah mencari peluang dari perang dagang antara China dan Amerika Serikat. Tak hanya itu, ia pun diminta untuk menjaga keberlangsungan industri sawit di Indonesia.

“Kedua, menjaga dan mengamankan keberlanjutan industri sawit Indonesia, karena sawit penting, taruhannya besar, ekspor lebih 25 miliar dolar. Ketiga, diminta melihat bagaimana memposisikan Indonesia sebagai pasar besar,” kata Mahendra.

Dalam melaksanakan target-target tersebut, Jokowi memberi waktu setahun kepada Mahendra untuk menyelesaikan semuanya. “Kalau tidak presiden mencari pengganti,” tandasnya.


Baca juga artikel terkait WAKIL MENTERI atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Widia Primastika
DarkLight