Indonesia Akan Merayu Presiden AS Joe Biden untuk Berinvestasi

Oleh: Haris Prabowo - 26 Januari 2021
Pemerintah Indonesia akan mendorong investasi Amerika Serikat di sektor infrastruktur, konektivitas, dan energi terbarukan.
tirto.id - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia akan menjalin kerja sama dan memperkokoh kemitraan strategis dengan Amerika Serikat, usai dilantiknya Presiden Joe Biden beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diungkapkan Retno, dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Senayan, pada Selasa (26/1/2021) siang.

Ada beberapa prioritas kerja, kata Retno, yang ingin dikedepankan dengan Amerika Serikat. Di antaranya, kerja sama ekonomi hujau (green economy) dan pembangunan berkelanjutkan (sustainable development). Kata Retno, dua sektor itu saling menguntungkan bagi kedua negara.

“Hal ini merupakan salah satu prioritas dan akan terus dijajaki, terutama dengan kemungkinan kedua negara memiliki limited trade deal dan mendorong investasi Amerika Serikat di sektor infrastruktur, konektivitas, dan energi terbarukan,” kata dia.

Tak hanya itu, sektor lainnya yang menjadi prioritas kerja sama antara Indonesia dengan Amerika Serikat adalah masalah kesehatan.

“Penguatan kerja sama kesehatan juga merupakan prioritas lainnya,” kata dia.

“Selain itu, kerja sama terkait pertahanan dan keamanan lintas batas dalam menghadapi berbagai macam ancaman serta pemajuan nilai-nilai bersama dan kerja sama pendidikan juga merupakan prioritas yang akan dikedepankan,” tambahnya.



Baca juga artikel terkait JOE BIDEN atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight