Hasil TIRA Persikabo vs Madura United: Berbagi Poin di Pakansari

Oleh: Hendi Abdurahman - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-2 menjadi hasil TIRA Persikabo vs Madura United dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan ke-8 yang dihelat di Stadion Pakansari, Jumat (12/7).
tirto.id - Hasil TIRA Persikabo vs Madura United dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan ke-8 yang dihelat di Stadion Pakansari, Jumat (21/7) berakhir dengan skor 2-2. Dua gol tuan rumah dicetak oleh Andy Setyo dan Ciro Alves sedangkan gol balasan tim tamu dilesakkan Aleksandar Rakic dan Jaimerson Xavier.

Dengan hasil ini, untuk sementara TIRA Persikabo naik ke puncak klasemen. Meski mempunyai poin sama dengan Bali United, yakni 18 tapi The Army berhak berada di puncak karena unggul selisih gol. Adapun Madura United masih tertahan di posisi tiga dengan 14 poin.

Berambisi untuk meraih kemenangan sekaligus mempertahankan performa impresifnya, TIRA Persikabo tetap mengandalkan Loris Arnaud di lini depan yang ditopang Ciro Alves di lini tengah. Sang lawan, Madura United tidak banyak melakukan perubahan, Aleksandar Rakic tetap menjadi pilihan utama.

Babak pertama berjalan 15 menit, justru Madura United yang kerap menguasai bola dan melakukan serangan. Sebaliknya, TIRA Persikabo lebih banyak bertahan dengan menerapkan serangan balik cepat.

Namun, secara perlahan, anak asuh Rahmad Darmawan berbalik menguasai pertandingan. Hasilnya, pada menit 30, Andy Setyo yang melakukan overlap ke kotak penalti sukses meneruskan umpan Wawan Febrianto untuk menggetarkan jala M. Ridwan. Skor 1-0.

Zulfiandi dan kolega langsung bereaksi dua menit usai gol tuan rumah. Greg Nwokolo melakukan liukan di kotak penalti TIRA Persikabo untuk kemudian melepaskan tendangan yang sayangnya masih terlampau lemah.

Meski tempo permainan tetap berlangsung cepat, kedua tim tak mampu mencetak gol di sisa paruh pertama. Skor 1-0.

Di babak kedua, tepatnya pada menit 48, Ciro Alves menunjukkan tajinya sebagai gelandang yang produktif. Umpan direct dari Louis Essengue berhasil diterima dengan sempurna. Tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, Ciro mencungkil bola untuk melewati M. Ridwan. Skor 2-0.

Melihat timnya tertinggal, Dejan Antonic melakukan perubahan penting dengan memasukkan David Laly untuk menggantikan Marckho Meraudje. Hadirnya Laly membawa perubahan dalam warna serangan Laskar Sape Kerrab.

Hal itu terbukti pada menit 66, umpan Laly berhasil dikonversi menjadi gol oleh Aleksandar Rakic sehingga mengubah skor menjadi 2-1. Tak hanya itu, gol ini pun membuat semangat Madura United kembali bangkit.

Adu strategi antarpelatih pun terlihat. Dengan stamina yang mulai menurun, Rahmad Darmawan berusaha mempertahankan skor dengan memasukkan Guntur Triaji mengganti Ciro Alves. Sebaliknya, Dejan kembali memasukkan darah segar dengan masuknya Engelberd Sani mengganti Greg Nwokolo.

Saat kedudukan seolah akan berakhir untuk kemenangan tuan rumah, Madura United berhasil menyamakan kedudukan pada menit 91. Diawali tendangan bebas David Laly, bola mengarah kepada Beto yang menyundul bola dan mengenai tiang. Bola liar sukses disundul oleh Jaimerson Xavier untuk membuat skor menjadi 2-2.

Tak lama setelah gol tersebut, wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Skor akhir 2-2.

Susunan Pemain

TIRA Persikabo: Angga Saputra; Rifad Marasabessy; Andy Setyo; Khurshed Beknazarov; Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen; Ciro Alves (Guntur Triaji); Louis Essengue; Wawan Febrianto (Roni Sugeng); Osas Saha; Loris Arnaud.

Madura United: M. Ridwan; Alfath Fathier; Fachruddin; Jaimersin Xavier; Rendika Rama; Marcko Meraudje (David Laly); Asep Berlian; Zulfiandi; Beto Goncalves (Slamet Nurcahyo); Greg Nwokolo (Engelberd Sani); Aleksandar Rakic.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman