Hasil Pilpres 2019: Prabowo-Sandi Menang di TPS 041 Bojong Koneng

Oleh: Bayu Septianto - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Pilpres 2019 di TPS 041 Bojong Koneng, Prabowo- Sandi menang telak atas Jokowi-Ma'ruf.
tirto.id - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 041, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. TPS 041 merupakan lokasi Prabowo mencoblos pada pagi hari tadi.

Prabowo-Sandi meraih 160 suara, sementara Joko Widodo-Ma'ruf Amin hanya mendapatkan enam suara dan surat suara tidak sah berjumlah empat. Total terdapat 170 surat suara yang ada di TPS ini.

Untuk jumlah pemilih di TPS ini tercatat sebanyak 117 yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 144 yang masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Namun, hanya tersedia 170 surat suara.

Form C1 hasil penghitungan surat suara untuk Pilpres kemudian ditandatamgani para anggota KPPS, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan satu orang saksi dari paslon Prabowo-Sandi. Penghityngan surat suara ini tak dihadiri saksi dari paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf.

Di Pemilu 2014, Prabowo yang saat itu berpsangan dengan Hatta Rajasa menang telak di kampungnya di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dari hasil penghitungan, Prabowo memperoleh 752 suara. Sedangkan Jokowi hanya 19 suara. Dan ada 8 suara dianggap tak sah.


Saat itu di TPS tempat Prabowo mencoblos terdapat 713 DPT. Menjadi bertambah lantaran ada sejumlah wartawan dan pendatang yang membawa A5 ikut mencoblos.

KPU menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Yantina Debora
DarkLight