Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Ma'ruf Menang di TPS OSO dan Luhut

Oleh: Yantina Debora - 17 April 2019
Hasil Pilpres 2019 di TPS OSO dan Luhut dimenangkan oleh Jokowi-Ma'ruf.
tirto.id - Paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang atas paslon nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di TPS 005 dan 006 Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta.

Jumlah suara yang diraih pasangan Jokowi-Ma'ruf di TPS 006 atau sebanyak 184 suara. Sementara suara yang diraih oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di TPS 006 yakni 30 suara.

Terdapat 4 suara tidak sah yang ditemukan dalam kotak suara. TPS tersebut merupakan tempat pencoblosan dari Ketua Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO).

"Proses aman, semua Alhamdulillah berjalan lancar dan kita tepat waktu," ujar Ketua KPPS 006 Kuningan Timur, Maryono, dikutip dari Antara.

Menurut Maryono sejumlah pemilih telah datang ke TPS 006 sebelum waktu pencoblosan habis pada pukul 13:00 WIB.

Selain itu, di TPS 005 yang menjadi tempat pencoblosan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, pasangan Jokowi-Ma'ruf juga unggul dengan peraihan 183 suara.

Sementara jumlah pemilih Prabowo-Sandiaga di TPS itu tercatat sebanyak 53 suara.

Untuk surat suara yang tidak sah, panitia menemukannya sebanyak 1 lembar kertas di TPS yang berlokasi di Kecamatan Setiabudi itu.


KPU menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di TPS yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH