Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Ma'ruf Menang di TPS Megawati

Oleh: Yantina Debora - 17 April 2019
Hasil Pilpres 2019 di TPS Megawati, Jokowi-Ma'ruf unggul tipis atas Prabowo-Sandiaga.
tirto.id - Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang tipis atas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di TPS 062 Kebagusan, Jakarta Selatan tempat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mencoblos sudah keluar.

Hasil perhitungan suara, paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat suara sah 129 dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 118 suara sah.

"Tidak ada suara tidak sah," kata petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di lokasi, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Dari total DPT tersebut terdapat 286 DPT tetapi 39 warga tidak menggunakan hak pilihnya.

Ketika penghitungan selesai, massa yang berada di luar TPS 062 bersorak. Mereka meneriakan nama Jokowib dengan bernyanyi.

"Jokowi siapa yang punya? Jokowi siapa yang punya? Yang punya Indonesia," teriak massa.

Megawati sendiri sudah menuju Istana Negara sebelum penghitungan suara selesai.


KPU menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH