Hasil Perempat Final BATC 2020 Putri: Indonesia vs Jepang Skor 0-3

Oleh: Oryza Aditama - 14 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tim putri Indonesia harus mengakhiri kiprah mereka di ajang Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020, usai kandas di tangan Jepang pada babak perempat final (8 besar).
tirto.id - Tim putri Indonesia harus mengakhiri kiprah mereka di ajang Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020, usai kandas di tangan Jepang pada babak perempat final (8 besar). Bertarung di court-1 Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, pada Jumat (14/2/2020), Gregoria Mariska dan kolega takluk 0-3.

Gregoria Mariska Tunjung yang diturunkan sebagai tunggal pertama tak mampu berbuat banyak menghadapi pemain Jepang peringkat 3 dunia, Akane Yamaguchi. Gregoria yang kalah jauh di gim pertama, akhirnya takluk dua set langsung dengan skor 9-21 dan 15-21, dalam waktu 34 menit saja.

"Saya tidak menyangka akan kalah seperti ini, karena di dua pertemuan sebelumnya 'kan ramai. Saya tahu lawan lebih unggul, kalaupun kalah, tidak seperti ini, harus ada perlawanan yang lebih. Kesalahan fatal saya di game pertama, terlalu jauh untuk saya mengejar," sesal Gregoria Mariska, dikutip dari laman PBSI, Jumat (14/2/2020).

Hasil pahit juga harus ditelan kubu Indonesia pada partai kedua. Ganda putri terbaik Merah Putih, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, belum mampu menandingi ketangguhan pasangan Jepang peraih 3 kali runner-up kejuaraan dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Greysia/Apriyani kalah straight game 19-21 dan 15-21, usai bertarung selama 53 menit.

“Pastinya kami mau menyumbang angka untuk mempermudah jalan tim, itu sudah pasti, otomatis jadi keinginan kami untuk menang. Tapi lawan yang kami hadapi tidak mudah, kami harus banyak perbaikan lagi,” ungkap Greysia Polii selepas laga.

“Kalau lawan mereka, lengah sedikit langsung habis. Mereka lebih konsisten di lapangan, dari awal sampai akhir bisa stabil,” imbuh Apriyani Rahayu.


Jepang akhirnya mampu mengunci kemenangan lewat tunggal kedua mereka, Sayaka Takahashi. Tunggal putri peringkat 11 dunia itu tak menemui banyak kesulitan untuk menumbangkan wakil Indonesia, Ruselli Hartawan. Ruselli menyerah dua set langsung dengan skor 13-21 dan 14-21.

Hasil pertandingan ini sekaligus mengulangi kekalahan Indonesia dari Jepang di ajang BATC sebelumnya. Pada kejuaraan yang sama tahun 2018 silam, tim putri Merah Putih juga takluk 0-3 dari Negeri Sakura, namun saat itu terjadi di babak semifinal.

Berikut hasil lengkap pertandingan beregu putri antara Indonesia kontra Jepang.

INDONESIA vs JEPANG
  • [Tunggal Putri-1] Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi (9-21, 15-21)
  • [Ganda Putri-1] Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (19-21, 15-21)
  • [Tunggal Putri-2] Ruselli Hartawan vs Sayaka Takahashi (13-21, 14-21)
  • [Ganda Putri-2] Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida (-tidak dipertandingkan-)
  • [Tunggal Putri-3] Putri Kusuma Wardani vs Riko Gunji (-tidak dipertandingkan-)

Baca juga artikel terkait BATC 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight