Hasil Malaysia vs Thailand Seri Tanpa Gol, Leg 1 Semifinal AFF 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 1 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor imbang 0-0 tanpa gol menjadi hasil Malaysia vs Thailand di leg pertama semifinal Piala AFF 2018 pada Sabtu (1/12).
tirto.id - Tidak ada gol tercipta dalam laga Malaysia vs Thailand di leg pertama semifinal Piala AFF 2018 pada Sabtu (1/12). Tampil di Stadion Bukit Jalil, tuan rumah yang lebih dominan tidak mampu memaksakan hasil akhir kecuali skor imbang 0-0. Dengan demikian, peluang kedua tim untuk lolos ke final masih sama-sama terbuka.

Skor Malaysia vs Thailand yang seri tanpa gol membuat situasi serba rumit. Malaysia akan tersingkir jika kalah dengan skor tipis saja pada Rabu (5/12). Sebaliknya, hasil imbang 1-1 di kandang sendiri akan membuat Thailand tak bisa mengulang kejadian kala menembus final dan juara pada 2014 dan 2016, karena faktor agresivitas gol tandang.

Dalam 45 menit awal, Malaysia tampak lebih unggul daripada Thailand. Hal ini tidak terlepas dari taktik pelatih Tan Cheng Hoe untuk mematikan napas tim tamu, menyegel Sanrawat Dechmir. Hal ini membuat aliran bola Gajah Perang tidak lancar dan kurang inspirasi.

Sebaliknya, Malaysia mengancam melalui dua pemain sayap mereka, Mohamadou Sumareh di sisi kanan dan Safawi Rasid di kiri. Menit kelima, Safawi punya kesempatan di dalam kotak penalti untuk menaklukkan kiper Chatchai Budprom, tetapi tendangannya tidak terarah.

Malaysia memiliki kesempatan lain menjelang akhir babak pertama, melalui Sumareh pada menit ke-26. Juga, umpan bagusnya yang ditanduk Norshahrul Idlan, tetapi bola tidak cukup mengancam gawang Thailand.

Pelatih tim tamu, Milovan Rajevac langsung mengubah taktik di paruh kedua. Thailand kembali memakai pola 4-4-2 dengan masuknya Pokklaw Anan menggantikan Supachai Jaided.

Meskipun demikian, Malaysia melanjutkan dominasi mereka. Percobaan kemudian dilakukan oleh Norshahrul, dengan tembakannya dari luar kotak penalti yang menyamping pada menit ke-55. Namun, pukulan telak kemudian dirasakan tuan rumah 10 menit berselang ketika Sumareh harus cedera dan digantikan Ahmad Hazwan.

Penyelesaian akhir menjadi masalah besar bagi Malaysia. Menit ke-67, umpan terobosan jitu membuat Norshahrul Idlan terbebas. Tetapi dari jarak dekat, tembakannya masih saja tak berbahaya.

Aksi buang-buang kesempatan berlanjut. Menit ke-75 Safawi Rasid punya peluang untuk memperbaiki kegagalan di babak pertama. Namun, sang sayap kiri mengirim tembakan melenceng. Malaysia kehabisan peluru hingga akhir pertandingan, dan skor 0-0 yang tercipta, dibawa ke Rajamangala.



Malaysia (4-4-1-1): Mohd Farizal bin Marlias; Syahmi bin Safari, Mohd Aidil Zafuan, Shahrul bin Mohd Saad, Syazwan Andik Ishak (Nazirul Naim Che Hashim 720; Mohamadou Sumareh (Ahmad Hazwan 64), Mohamed Saymer, Muhammad Akram, Muhamad Safawi; Mohd Zaquan Adha (Shahrel Fikri Fauzi 81); Norshahrul Idlan

Thailand (4-3-3):
Chatchai Budprom; Mika Chunuonsee, Chalermpong Kerdkaew, Pansa Hemviboon, Korakod Wiriyaudomsiri; Tanaboon Kesarat, Thitipan Puanchan, Sanrawat Dechmir; Nurul Sriyarngem (Pakorn Prempak 59), Adisak Kraisorn (Chayanan Pombuppha 90), Supachai Jaided (Pokklaw Anan 45)

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight