Kualifikasi Euro 2020

Hasil Jerman vs Estonia: Reus-Gnabry Brace, Tim Panser Pesta 8 Gol

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Jerman vs Estonia di kualifikasi Euro 2020 berakhir dengan skor 8-0. Marco Reus dan Serge Gnabry mengemas brace sedangkan Leon Goretzka, Ilkay Gundogan, Timo Werner, dan Leroy Sane mencetak satu gol.
tirto.id - Hasil Jerman vs Estonia di kualifikasi Euro 2020 pada Rabu (12/6/2019) berakhir dengan skor 8-0. Pesta gol Die Mannschaft di Opel Arena, Mainz diwarnai brace Marco Reus dan Serge Gnabry. Selain mereka, Leon Goretzka, Ilkay Gundogan, Timo Werner, dan Leroy Sane turut dalam pembantaian kali ini.

Jerman yang sudah memenangi dua laga pembuka melawan Belanda dan Belarusia, kali ini turun dengan formasi 4-2-3-1. Kiper veteran Manuel Neuer kembali dipercaya sebagai penjaga gawang utama. Sementara sebagai ujung tombak, ada Serge Gnabry.

Tidak butuh waktu lama untuk Die Mannschaft membobol gawang Estonia yang dikawal Sergei Lepmets. Bermula dari bebasnya Thilo Kehrer di sayap kanan tuan rumah, ia mudah saja mengirim umpan silang yang diselesaikan Reus yang tidak terkawal.

Masih ada empat gol lagi yang diciptakan tuan rumah sepanjang paruh pertama. Menit ke-17, Gnabry menggandakan keunggulan setelah menerima bola datar kiriman Leroy Sane, yang sebelumnya memancing Lehmets mendekat.

Tiga menit berselang, giliran nama Leon Goretzka yang tercatat di papan skor. Upaya bek Estonia menyapu bola tidak sempurna, dan ini dimanfaatkan oleh Joshua Kimmich untuk mengirim bola silang kepada rekannya sesama pemain Bayern Munchen.



Skor terus membesar, setelah Goretzka dijatuhkan di kotak terlarang oleh Joonas Tam. Penalti yang dieksekusi oleh Ilkay Gundogan mendarat ke gawang lawan sementara Lepmets membaca ke arah yang salah.

Gol kedua Marco Reus pada menit ke-37 nyatanya bukan akhir penderitaan Estonia. Gol itu hanya sebatas menutup paruh pertama saja. Namun, di babak kedua, Jerman masih ambisius. Menit ke-62, umpan silang Marcel Halstenberg yang masuk dari bangku cadangan, diselesaikan oleh Gnabry.

Menit ke-68, gol Leroy Sane dianulir wasit. Tetapi, gol lain datang 11 menit jelang bubaran melalui Timo Werner yang turun sebagai pengganti. Ia menyelesaikan umpan terobosan Julian Draxler.
Rasa penasaran Leroy Sane untuk mencetak gol akhirnya terbayar pada menit 88. Bola terobosan Draxler diambilnya, dan dituntaskan pemain sayap Manchester City itu dengan tembakan lengkung mematikan.

Skor akhir 8-0, Jerman mendapatkan kemenangan ketiga mereka di Grup C. Namun, hal ini belum cukup untuk menggeser Irlandia Utara dari puncak klasemen, mengingat sang rival utama menang 0-1 atas Belarusia.



Pencetak Gol: Marco Reus 10 dan 37, Serge Gnabry 17 dan 62, Leon Goretzka 20, Ilkay Gundogan 26 penalti, Timo Werner 79, Leroy Sane 88

JERMAN (4-2-3-1): Manuel Neuer; Thilo Kehrer, Matthias Ginter, Niklas Sule, Nico Schulz; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Marco Reus, Leon Goretzka, Leroy Sane; Serge Gnabry.

cadangan: Sven Ulreich, Jonathan Tah, Kai Havertz, Julian Brandt, Timo Werner, Marcel Halstenberg, Jonas Hector, Lukas Klostermann, Julian Draxler, Niklas Stark, Kevin Trapp.

ESTONIA (5-4-1): Sergei Lepmets; Gert Kams, Madis Vihmann, Taijo Teniste, Karol Mets, Artur Pikk; Sander Puri, Artjom Dmitrijev, Joonas Tamm, Konstantin Vassiljev; Sergei Zenjov.

cadangan: Henrik Ojamaa, Mihkel Aksalu, Ken Kallaste, Mattias Kait, Vlasiy Sinyavskiy, Martin Miller, Mark Oliver Roosnupp, Rauno Sappinen, Vladislav Kreida, Erik Sorga, Marten Kuusk.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus