Hasil Filipina vs Vietnam Skor Akhir 1-2, Semifinal Piala AFF 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 2 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 1-2 menjadi hasil Filipina vs Myanmar di leg pertama semifinal Piala AFF 2018 pada Minggu (2/12) berkat gol Nguyen Anh Duc dan Phan Van Duc.
tirto.id - Gol Nguyen Anh Duc dan Phan Van Duc menjadi kunci hasil Filipina vs Vietnam yang ditutup dengan skor 1-2. Bertanding di Stadion Panaad pada Minggu (2/12/2018) tuan rumah mengalami kerugian besar karena tumbang di leg pertama semifinal Piala AFF 2018.

Dua gol cepat Vietnam pada tiap-tiap babak memberikan kekalahan pertama Filipina di Piala AFF 2018. Di sisi lain, tuan rumah memutus rekor tidak kebobolan tamu mereka sepanjang turnamen berkat gol Patrick Reichelt. Leg kedua akan digelar pada Kamis (6/12).

Menghadapi tuan rumah yang kehilangan banyak pilar, Vietnam memilih formasi 5-3-2 sejak menit pertama. Mereka mengandalkan kecepatan para pemain sayap untuk mengatasi kekalahan postur tubuh dari Filipina. Sebaliknya, tuan rumah menggunakan pola 4-5-1.

Kesalahan tuan rumah menjadi alasan Vietnam bisa membobol gawang Michael Falkesgaard. Umpan jauh Doan Van Hau diselesaikan dengan tandukan jitu Nguyen Anh Duc. Bola sundulan sang pemain veteran dibiarkan oleh Falkesgaard yang sudah salah langkah karena terlalu maju.

Filipina sempat frustrasi menghadapi pertahanan baja Vietnam. Namun, harapan muncul di ujung babak pertama, ketika kapten Phil Younghusband menyisir sisi kanan pertahanan tim tamu lantas melepaskan umpan. Patrick Reichelt menyambutnya dengan tembakan jarak dekat yang membobol gawang Vietnam dan memaksikan skor imbang 1-1.

Filipina mengulang kelengahan lagi di awal babak kedua. Hasilnya harus dibayar mahal. Menit ke-48, Nguyen Trong Hoang mengirim umpan jitu yang membuat perangkap offside Filipina tidak berarti. Ada Phan Van Duc yang dengan mudah mencetak gol dalam situasi satau lawan satu dengan Falkesgaard.

Lima menit berselang, Falkesgaard menghindarkan gol ketiga Vietnam. Bola yang mengenai Alvaro Silva menggelinding ke gawang Filipina sebelum dimentahkan sang kiper. Vietnam tampak mengendalikan situasi.

Tuan rumah sempat didera ancaman lagi ketika Ha Duc Chinch melihat celah. Tembakannya dari jarak jauh tepat ke arah kiper Filipina. Reaksi datang dari pasukan Sven Goran Eriksson.

Meniru trik gol Vietnam, Stephan Schrock mengirim bola panjang yang diteruskan oleh Patrick Reichelt. Namun, tidak ada gol kedua untuknya, karena tembakannya terlalu tinggi. Di sisi lain, Nguyen Cong Phuong di menit-menit akhir punya kesempatan emas untuk membobol gawang tuan rumah, tetapi tembakannya menyamping.

Skor akhir 1-2, peluang Filipina menembus final semakin tipis karena harus unggul 0-1 atau selisih dua gol di Vietnam.



Pencetak Gol: Patrick Reichelt 45' (Filipina) | Nguyen Anh Duc 11', Phan Van Duc 48' (Vietnam)

Filipina (4-5-1): Michael Falkesgaard; Adam Reed (Curt Dizon 77), Carli de Murga, Alvaro Silva, Martin Steuble; Patrick Reichelt, Kevin Ingreso, Manuel Ott (Mike Ott 45), Jovin Bedic (James Younghusband 55), Stephan Schrock; Phil Younghusband

Vietnam (5-3-2): Đặng Văn Lâm; Nguyễn Trọng Hoàng, Đỗ Duy Mạnh, Trần Đình Trọng, Quế Ngọc Hải, Đoàn Văn Hậu; Nguyễn Quang Hải (Nguyen Huy Hung 89), Đỗ Hùng Dũng, Phạm Đức Huy; Phan Văn Đức (Nguyen Cong Phuong 80), Nguyễn Anh Đức (Hà Duc Chinh 65)

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight