Jadwal Semifinal Piala AFF 2018 Leg 1, Prediksi Filipina vs Vietnam

Oleh: Fitra Firdaus - 2 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Bertarung di leg pertama semifinal Piala AFF 2018 leg pertama pada Minggu (2/12), prediksi Filipina vs Vietnam mengarah pada hasil imbang.
tirto.id - Laga Filipina vs Vietnam dalam lanjutan jadwal semifinal Piala AFF leg pertama akan digelar pada Minggu (2/12/2018) pukul 18.30 WIB. Tampil di Stadion Panaad, Bacolod, tuan rumah bakal mendapatkan tantangan dari sang tamu yang merupakan juara Grup A.

Risiko besar diambil oleh Filipina yang hanya menjadi runner-up Grup B di klasemen akhir Piala AFF 2018. Otomatis mereka akan bermain di kandang sendiri dulu di leg pertama sebelum bertandang ke Stadion Nasional My Dinh pada Kamis (6/12) mendatang.

Dalam kondisi seperti itu, Filipina tidak bisa membawa empat pilar mereka, yaitu kiper Neil Etheridge, bek Daisuke Sato dan Stephan Palla, hingga gelandang John-Patrick Strauss yang sudah kembali ke klub masing-masing. Namun, pelatih Sven Goran Eriksson tetap optimistis.

"Ini adalah turnamen besar, banyak orang (yang berharap) di sini dan perasaan saya (menjelang laga) sama seperti (jika laga ini adalah) Piala Dunia," kata Eriksson dikutip situs resmi Piala AFF pada Sabtu (2/12).

Sementara itu, Vietnam layak mewaspadai stamina lebih dan keunggulan postur tubuh Filipina. The Golden Stars juga layak berkaca tim seperti Thailand sekalipun tidak dapat memetik kemenangan di babak penyisihan kala berjumpa Filipina, hanya bisa bermain imbang 1-1 pada Rabu (21/11). Dalam laga terakhir, mereka juga menahan Indonesia tanpa gol.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo menegaskan pada Sabtu (1/12), "Filipina adalah tim berbeda dibandingkan yang kami jumpai di penyisihan grup, dan mereka secara fisik tangguh. Namun, mereka menggunakan bola-bola panjang ketika menyerang.

"Mereka (Filipina) memiliki pelatih tingkat internasional (pada diri Eriksson) dan adalah kehormatan bagi saya (berhadapan dengannya), tetapi kami tidak perlu takut pada Filipina karena kami melakukan persiapan yang baik, dan siap melakukan yang terbaik."



Perkiraan Susunan Pemain
Filipina (4-4-2): Michael Falkesgaard; Carli De Murga, Martin Steuble, Alvaro Silva, Amani Aguinaldo; Stephan Schrock, Manny Ott, James Younghusband, Iain Ramsay; Phil Younghusband, Patrick Reichelt

Vietnam (3-4-3): Van Lam; Dinh Trong, Ngoc Hai, Duy Manh; Van Hau, Quang Hai, Xuan Truong, Trong Hoang; Van Quyet, Anh Duc, Cong Phuong


Prediksi Pertandingan
Di Piala AFF tahun ini, Filipina dan Vietnam sama-sama tidak terkalahkan. Namun, jika melihat peta kekuatan penyisihan grup, Filipina diuntungkan dengan lawan-lawan yang lebih berat sejak awal. Pasalnya, mereka tidak hanya bersaing dengan Thailand, tetapi juga Indonesia dan Singapura.

Di sisi lain, Vietnam terbukti memiliki pertahanan baja. Mereka tidak kemasukan gol sama sekali dalam 4 pertandingan. Koleksi gol mereka yang mencapai 8, jauh lebih baik dari Filipina yang hanya 5. Untuk menghadapi keunggulan stamina dan postur tubuh tuan rumah, Vietnam memiliki kecepatan luar biasa.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight