Hasil Filipina vs Vietnam 1-1 di Babak Pertama Semifinal Piala AFF

Oleh: Fitra Firdaus - 2 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-1 menjadi hasil Filipina vs Vietnam di babak pertama leg pertama semifinal Piala AFF 2018 pada Minggu (2/12/2018) setelah gol Nguyen Anh Duc dibalas Patrick Reichelt.
tirto.id - Gol Patrick Reichelt membuat hasil Filipina vs Vietnam sementara hingga babak pertama usai masih dalam skor 1-1. Tampil di Stadion Panaad dalam leg pertama semifinal Piala AFF pada Minggu (2/12/2018) tuan rumah sempat tertinggal oleh gol Nguyen Anh Duc, sebelum menyamakan kedudukan menjelang turun minum.

Pelatih Sven Goran Eriksson tidak dapat membawa skuat terbaiknya dalam laga ini. Ia menurunkan formasi 4-5-1, tetapi kehilangan Neil Etheridge, Daisuke Sato, Stephan Palla, dan John-Patrick Strauss yang sudah kembali ke klub. Di depan, Phil Younghusband memimpin tuan rumah melayani kecepatan Vietnam.

Sementara itu, tim tamu yang berjuluk The Golden Stars memakai formasi unik 5-3-2 yang mengutamakn kekuatan di sektor sayap. Pemain veteran Nguyen Van Quyet ada di bangku cadangan, sementara dua penyerang adalah Phan Van Duc dan Nguyen Anh Duc.

Pertarungan sempat berjalan seimbang, tetapi dengan Filipina yang unggul dalam penguasaan bola. Namun, tuan rumah dipaksa terkesiap pada menit ke-12. Doan Van Hau mengirimkan umpan panjang jitu yang diselesaikan Anh Duc dengan tandukan. Dia memanfaatkan kesalahan kiper Michael Falkesgaard yang terlalu maju.

Bola masuk gawang Filipina, Vietnam memimpin dan menemukan momentum untuk menjaga keunggulan. Menit ke-24, tim tamu memiliki kesempatan. Sebuah umpan silang Pham Duc Huy disambut oleh Nguyen Quang Hai, tetapi tembakannya tidak tepat sasaran.

Filipina memperbaiki situasi. Empat menit berselang, ada percobaan yang dikirim Martin Steuble, meski tembakannya mudah untuk diamankan kiper Dang Van Lam. Menit ke-36, Carli de Murga menanduk bola kiriman Kevin Ingreso, tetapi tidak terarah.

Filipina berupaya untuk unggul dalam penguasaan bola demi mencari celah di pertahanan Vietnam. Meskipun demikian, pertahanan lawan yang belum pernah terbobol sekali saja sepanjang babak penyisihan grup Piala AFF terbukti ampuh membuat tuan rumah menunggu dan terus menunggu.

Namun, pada ujung babak pertama, Filipina akhirnya sukses. Kapten Phil Younghusband yang bergerak di sisi kanan pertahanan lawan tidak dapat dibendung oleh tiga bek Vietnam. Umpan silangnya dituntaskan Patrick Reichelt dengan jitu untuk menyamakan kedudukan.
Skor 1-1, di akhir babak pertama Filipina mampu mengakhiri kokohnya dinding baja sang tamu.




Pencetak Gol: Patrick Reichelt 45' (Filipina) | Nguyen Anh Duc 11' (Vietnam)

Filipina (4-5-1): Michaek Falkesgaard; Adam Reed, Carli de Murga, Alvaro Silva, Martin Steuble; Patrick Reichelt, Kevin Ingreso, Manuel Ott, Jovin Bedic, Stephan Schrock; Phil Younghusband

Vietnam (5-3-2): Đặng Văn Lâm; Nguyễn Trọng Hoàng, Đỗ Duy Mạnh, Trần Đình Trọng, Quế Ngọc Hải, Đoàn Văn Hậu; Nguyễn Quang Hải, Đỗ Hùng Dũng, Phạm Đức Huy; Phan Văn Đức, Nguyễn Anh Đức

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight