Harga Tiket Pesawat Turun, Dirut Citilink Janji Keamanan Terjamin

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 15 Januari 2019
Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo menyatakan penurunan harga tiket pesawat tidak akan membuat alokasi biaya untuk menjamin keselematan penerbangan terpangkas.
tirto.id - Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan perusahaannya menjadi salah satu maskapai penerbangan yang menurunkan harga tiket pesawat.

Meski harga tiket turun, dia memastikan alokasi biaya untuk menjamin keamanan penerbangan tidak akan dipangkas.

"Biaya safety enggak boleh dikurangi. Enggak bakal menyentuh biaya terkait security. Silakan lihat, tidak ada airline yang mengurangi alokasi biaya maintenance," kata dia dalam konferensi pers Indonesia National Air Carrier Association (INACA) di Jakarta, pada Selasa (15/1/2019).

Penurunan harga tiket, kata dia, dilakukan dengan memberlakukan diskon untuk harga tiket pesawat.

Juliandra mengklaim, selama tiga bulan lalu, Citilink sebenarnya tidak menaikkan harga tiket. Tarif menjadi terlihat lebih mahal, kata dia, karena tiket yang dijual dengan promo diskon habis terjual.

“Kemarin itu bukan naik, tapi enggak ada diskon,” ujar Juliandra.

Dia menjelaskan skema paket diskon yang diberikan Citilink terdiri dati paket A sampai P atau ada 15 jenis. Paket diskon tiket pesawat paket P biasanya membuat harga kursi menjadi paling murah.

Jualindra menambahkan, jika tiket dengan diskon paket P habis terjual, harga akan menjadi semakin mahal karena potongan harga mengecil.

“Karena safety yang utama di alokasi budget. […] Itu patokannya. Diskonnya tidak akan menyetuh [mengurangi] pada faktor safety," kata dia.


Baca juga artikel terkait HARGA TIKET PESAWAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Addi M Idhom
DarkLight