Harga iPhone X Certified Refurbished Apple Mulai Rp10 Jutaan

Oleh: Ibnu Azis - 5 Februari 2019
Perangkat Certified Refurbished Apple tidak berbeda dengan perangkat baru terkait mesin, software, dan garansi.
tirto.id - Setelah diluncurkan pada 2017 silam, iPhone X certified refurbished kini resmi dijual Apple. Perangkat bersertifikat ini ditawarkan mulai 769 dolas AS atau sekitar Rp10 jutaan (kurs Rp13.948).

Melansir Macrumors, Selasa (5/2/2019), smartphone pionir layar "berponi" itu tersedia dalam dua varian, yakni 64GB dan 256GB.

Saat mengunjungi laman Apple, perangkat ini tersedia di kategori "Certified Refurbished" yang ditawarkan dalam dua varian warna, yakni Silver dan Space Gray.

Adapun harga 769 dolas AS dibanderol untuk varian 64GB, sedangkan 256GB dijual lebih mahal, yakni 899 dolar AS atau sekitar Rp12 jutaan.


Hemat Hingga Rp2 jutaan

Kendati harga iPhone X certified refurbished masih terbilang mahal, Apple mengklaim konsumen dapat menghemat dana hingga 150 dolar AS atau sekitar Rp2 jutaan.

Alasannya, iPhone X reguler dibanderol lebih tinggi dari versi refurbished. Sebagai perbandingan, harga varian 64GB saat diperkenalkan 899 dolar AS, atau menghemat 130 dolar AS.

Sementara varian 256GB, dijual 1.049 dolar AS atau sekitar Rp14 juta saat dirilis.

Mengenal iPhone Refurbished

Perangkat refurbished menurut The Verge merupakan produk Apple yang telah diuji dan bersertifikat resmi dengan cangkang dan baterai baru termasuk aksesorinya.

Perangkat ini juga tidak dianaktirikan terkait jaminan garansi serta dukungan software update bila ada pembaruan.

Pemilik perangkat refurbished dapat pula menambah jangka waktu garansi hingga dua tahun dengan AppleCare+.

Adapun iPhone X pertama kali diperkenalkan pada November 2017 dan masuk Indonesia satu bulan setelahnya.

Sebelumnya, Apple juga rutin menawarkan certified refurbished untuk seri lain, yakni iPhone 8 dan 8 Plus pada November 2018, serta iPhone 7 dan 7 Plus pada Februari di tahun yang sama.


Baca juga artikel terkait IPHONE X atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight