Harga BBM Naik, Peluang Pembiayaan Mobil Listrik Terbuka Lebar

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 14 Sep 2022 11:33 WIB
BRI Finance melihat ada peluang untuk pembiayaan kendaraan listrik bisa bertumbuh di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.
tirto.id - PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) melihat ada peluang untuk pembiayaan kendaraan listrik bisa bertumbuh di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Saat ini BRI Finance sendiri sudah menyediakan fasilitas pembiayaan kendaraan berbasis listrik, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sekretaris Perusahaan BRI Finance, Taufiq Kurniadihardja mengatakan, saat ini perusahaan telah menggandeng PT Smoot Motor Indonesia untuk memperluas pasar pembiayaan sepeda motor listrik.

“Diyakini bahwa kenaikan harga BBM akan meningkatkan animo dan minat masyarakat untuk shifting membeli dan menggunakan kendaraan berbasis listrik, karena dianggap jauh lebih efisien dalam hal biaya konsumsi dibandingkan kendaraan yang menggunakan BBM,” ujar dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).


Dia menuturkan dukungan pembiayaan BRI Finance sejalan dengan aspirasi untuk memperbesar pangsa pasar pembiayaan konsumer. Sekaligus berperan aktif mendukung program pemerintah dalam peningkatan kendaraan ramah lingkungan.

Adapun dilihat dari sisi proyeksi realisasi kinerja, BRI Finance pada tahun ini membidik pembiayaan tumbuh lebih dari 20 persen. Anak usaha BRI ini juga optimistis menatap pasar di sisa tahun ini setelah penerbitan obligasi.

Total aset perseroan terus meningkat hingga mencapai Rp6,34 triliun pada Mei 2022. Hingga periode yang sama BRI Finance mampu membukukan pendapatan sebesar Rp327 miliar. Raihan itu meningkat 48,25 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp220 miliar.

Sementara itu, laba bersih BRI Finance mencapai Rp 25 miliar pada Mei 2022 atau melesat 126,4 persen dari periode yang sama tahun lalu yaitu Rp11 miliar. Hingga penghujung 2022, BRI Finance membidik pembiayaan baru di atas Rp4 triliun.





Baca juga artikel terkait KENDARAAN LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight