Gowes Saat PPKM, Wali Kota Malang Diperiksa Polda Jatim

Reporter: Antara - 8 Oktober 2021
Wali Kota Malang Sutiaji diperiksa penyidik Polda Jawa Timur terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan.
tirto.id - Wali Kota Malang Sutiaji menjalani pemeriksaan perdana di Polda Jawa Timur. Ia diperiksa terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

Sutiaji bersama sejumlah pejabat bersepeda atau gowes ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang pada Minggu, 9 September lalu. Pada saat itu lokasi wisata masih ditutup karena status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan pemeriksaan berlangsung selama 5 jam pada Rabu (6/10) lalu. Sutiaji datang bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Malang.

"Terkait isi pemeriksaannya saya tidak dapat dari penyidik," kata Gatot.

Gatot menyebut akan ada pemeriksaan kembali untuk melakukan gelar perkara mengetahui kelanjutan dari dugaan pelanggaran prokes tersebut.

"Kalau sudah cukup, nanti akan diproses Satgas Gakkum. Kalau masih perlu tambahan akan ada panggilan saksi untuk dimintai keterangan," kata Gatot.

Laporan pelanggaran PPKM ini disampaikan oleh masyarakat ke Polres Malang. Kasus kemudian ditarik oleh penyidik Polda Jawa Timur. Sejauh ini penyidik juga telah memeriksa sejumlah peserta gowes yang merupakan pegawai negeri di Pemkot Malang.

Sebelumnya terkait pelaporan ini, Sutiaji mengaku siap menjalaninya dan bersikap proaktif.

"Untuk proses hukum, walaupun belum ada surat resmi kami dimintai keterangan. Maka saya sampaikan saya akan proaktif, saya akan datang ke sana," kata Sutiaji, di Malang, Kamis (23/9).


Baca juga artikel terkait PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight