Gol Jadon Sancho di Laga Inggris vs Kosovo Ikuti Sejarah Rooney

Oleh: Iswara N Raditya - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadon Sancho mencetak 2 gol sekaligus mengukir sejarah di laga Inggris vs Kosovo dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020.
tirto.id - Hasil pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Inggris vs Kosovo berakhir dengan skor 5-3. Dua gol pemain muda Timnas Inggris, Jadon Sancho, ke gawang Kosovo dalam laga Pra Euro 2020 itu membuatnya mengikuti sejarah yang pernah ditorehkan oleh Wayne Rooney.

Dalam duel yang dihelat di St Mary Stadium, pada Selasa (10/9/2019) atau Rabu dini hari waktu Indonesia itu, Sancho dimainkan sejak awal. Namun, gawang Inggris yang dikawal Jordan Pickford dijebol lebih dulu oleh Valon Berischa di menit pertama.

The Three Lions yang sempat terkejut segera bangkit. Dua gol balasan pun tercipta lewat tandukan Raheem Sterling pada menit ke-8 dan Harry Kane sebelas menit berselang. Kosovo kian tertinggal setelah pemain belakangnya, Mergim Vojvoda, membobol gawang sendiri pada menit ke-38.

Sepasang gol yang dilesakkan melalui aksi brilian Jadon Sancho berkat assist Sterling dalam waktu dua menit sebelum turun minum semakin menjauhkan keunggulan Inggris atas Kosovo. Babak pertama dipungkasi dengan skor 5-1.


Di babak kedua, Kosovo yang berusaha mengejar berhasil menipiskan skor berkat dua gol yang tercipta, masing-masing oleh Berischa pada menit ke-48, serta gol penalti Vedat Muriqi beberapa menit setelahnya.

Namun, skuad asuhan Gareth Southgate sukses menjaga keunggulan hingga pertandingan dinyatakan usai. Skor akhir laga Inggris vs Kosovo adalah 5-3 untuk kemenangan tuan rumah. Inggris pun memperpanjang rekor kemenangan dalam 4 laga di Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Sancho Si Bocah Ajaib

Dua gol yang disumbangkan Jadon Sancho untuk Inggris ke gawang Kosovo membuatnya mengukir sejarah tersendiri. Dikutip dari Goal, winger berusia 19 tahun ini menjadi pemain termuda Inggris yang bisa melesakkan lebih dari satu gol dalam satu laga.

Sancho mengikuti rekor serupa yang sebelumnya ditorehkan oleh Wayne Rooney saat Inggris menghadapi Kroasia pada Juni 2004 silam. Kala itu, Rooney mencetak dua gol untuk Inggris saat berusia 18 tahun lebih 241 hari. The Three Lions menang 4-2 dalam pertandingan itu.


Dua gol Sancho itu sekaligus menjadi gol pembukanya untuk tim nasional senior Inggris. Pemain Borussia Dortmund ini melakukan debut saat Inggris melawan Kroasia pada 12 Oktober 2018 dalam ajang UEFA Nations League yang berakhir imbang 0-0.

Sedangkan laga kompetitif pertama Sancho bersama The Three Lions terjadi di Stadion Wembley pada 22 Maret 2019 dalam kemenangan Inggris atas Republik Ceko dengan skor 5-0 di pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020. Hingga saat ini, Sancho sudah mengemas 8 caps bareng skuad senior Inggris.

Sebelumnya sejak 2015, Sancho sudah memperkuat tim nasional Inggris di berbagai level jenjang usia, dari Inggris U16, U17, hingga U19, dengan total 24 gol yang sudah dibukukannya.

Remaja bernama lengkap Jadon Malik Sancho ini lahir di London, Inggris, tanggal 25 Maret 2000. Ia menimba ilmu di akademi sepak bola Watford sejak berusia 7 tahun kemudian pindah ke akademi Manchester City pada 2015.


Namun, Sancho justru tidak sempat tampil di skuad utama City meskipun tampil mengesankan selama di tim yunior. Lantaran tidak mendapatkan jaminan mengenai durasi waktu bermain di skuad Pep Guardiola, Sancho memutuskan hengkang dari Etihad.

Sancho kemudian meneken kontrak dengan Borussia Dortmund pada 31 Agustus 2017 dan langsung masuk tim utama klub mapan Jerman itu. Si bocah ajaib kini menjadi salah satu pemain andalan Borussia Dortmund untuk bersaing di Bundesliga dan Liga Champions.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight