Gim Konsol yang Layak kamu Tunggu Tahun 2017

Gim Konsol yang Layak kamu Tunggu Tahun 2017

Final Fantasy XV, Overwatch, dan Uncharted 4 membuat para gamer merasakan kebahagiaan sepanjang 2016. Deretan gim ini bikin mereka melupakan kenangan dan peristiwa buruk sepanjang tahun. Apa yang patut kita antisipasi untuk tahun 2017?
Reporter: Arman Dhani
30 Desember, 2016 dibaca normal 3 menit
Final Fantasy XV, Overwatch, dan Uncharted 4 membuat para gamer merasakan kebahagiaan sepanjang 2016. Deretan gim ini bikin mereka melupakan kenangan dan peristiwa buruk sepanjang tahun. Apa yang patut kita antisipasi untuk tahun 2017?
tirto.id - Gim The Last Guardian yang dirilis 6 Desember seakan menutup tahun ini dengan baik. Sepanjang 2016, telah banyak gim penting yang membuat tahun yang muram ini jadi sedikit lebih ceria. Banyak gim yang memang dirilis secara eksklusif dan hanya bisa dimainkan di konsol PS4 saja, seperti Uncharted IV dan Ratchet & Clank. Tren ini sepertinya takkan hanya berhenti pada 2016, tapi juga berlanjut tahun depan.

Sebelum memasuki 2017, baiknya kita menziarahi kembali beberapa rilisan Game PS4 yang penting dan mungkin kamu lewatkan. Game Spot, situs ulasan gim dunia, memberi apresiasi untuk beberapa gim terbaik seperti Dishonored 2, Overwatch, Titanfall 2, dan Uncharted 4: A Thief's End. Tiga dari dari empat gim menyajikan pengalaman orang pertama, sementara satunya ialah gim petualangan dengan sudut pandang orang ketiga. Overwatch sendiri digadang-gadang sebagai gim terbaik 2016.

Jika kamu kurang menyukai gim tembak-tembakan, ada gim lain seperti Dark Souls III, Final Fantasy XV, Hitman, Inside, Mafia III, dan Watch Dogs II. Secara personal Final Fantasy XV adalah gim open world terbaik tahun ini. Jika kamu menyukai serial ini, maka gim tersebut jangan sampai kamu lewatkan. Mafia III memberikan gim anti-hero dengan sedikit nuansa yang mirip dengan Grand Theft Auto. Sementara Watch Dogs II sangat tepat bagi mereka yang menggemari serial Black Mirror yang dekat dengan teknologi digital dan media sosial.

Jika kamu menyukai gim seperti The Last Guardian, The Last of Us, dan Until Dawn, maka yang dibuat oleh Fumito Ueda akan menghibur kamu. Gim ini menekankan pentingnya membangun hubungan antara non-playable character dan pemain. Tokoh utama dalam gim ini mesti melatih Trico dan membangun kepercayaan dengannya sehingga bisa menembus level-level tertentu serta mengembangkan teknik-teknik baru. Pendekatan cerita ini tentu tidak baru, jika kamu ingat gim seperti Pokemon dan Digimon. Bedanya, kita bisa mengendalikan dan mengeksplorasi ruang.

Jika kamu setuju bahwa Uncharted 4 sebagai gim terbaik tahun ini, maka kamu perlu mencoba memainkan Rise of the Tomb Raider. Seri petualangan terbaru Lara Croft akan membawamu dalam petualangan ke pelbagai tempat eksotis di dunia, dengan cerita yang memukau, grafik yang indah, dan penjelajahan ke tanah yang jauh. Selain itu, kabar tentang cerita sempalan Uncharted: The Lost Legacy yang dirilis pada tahun depan bakal bikin kamu makin tak sabar.

Untuk penggemar gim tembak-menembak tradisional yang berbeda dengan Deus Ex, Titanfall 2 atau Overwatch, sepanjang 2016 kemarin ada Tom Clancy's The Division, Gears of War 4, Call of Duty: Infinite Warfare, dan tentu saja Battlefield 1. The Division dan Gear of War menggunakan pendekatan orang ketiga sementara Call of Duty dan Battlefield menggunakan orang pertama. Meski banyak kritikus menganggap Infinite Warfare sebagai gim yang buruk, saya pribadi melewatkan 20 menit pertama gim ini dengan gembira sebelum akhirnya memainkan Resident Evil (remake) dengan perasaan lebih gembira.

Tahun ini juga menjadi momen unjuk gigi bagi beberapa pengembang gim memamerkan cuplikan beberapa gim yang mungkin akan dirilis pada 2017. Sebut saja Death Stranding yang digarap Kojima Productions bersama Sony Interactive Entertainment, atau God of War yang juga digarap oleh Sony. Jangan lupakan Final Fantasy VII Remake yang pada video promosinya membuat banyak gamer, termasuk saya, menjadi histeris dan menangis bahagia. Tahun 2017 memang akan membuat banyak pemain gim, khususnya PS4, dibanjiri gim bermutu serta remake yang bikin kangen akan masa silam seperti Crash Bandicot, Final Fantasy XII, dan Shenmue.

Gim Konsol yang Layak kamu Tunggu Tahun 2017

Pada 24 Januari mendatang, Capcom akan membawa penggemar gim horor untuk memainkan Resident Evil 7. Bagi fan gim yang juga berjudul Biohazard ini, rilisan seri ketujuh akan membawa ingatan mereka ke Zombie, Racoon City, dan tentu saja Umbrela. Resident Evil 7 sejauh ini belum menunjukkan indikasi adanya zombie atau virus, tetapi atmosfer horor, muram, gelap, dan perubahan gameplay menjadi sudut pandang orang pertama bikin seri ini sangat ditunggu. Resident Evil 7 bakal jadi pembuka untuk beberapa gim yang akan membawa kita menggarami nostalgia.

Ubisoft yang selama ini dikenal dengan seri Assassin's Creed kembali hadir dengan gim baru yang bocoran promosinya banyak dipuji bernama For Honor. Rencananya, gim ini akan dirilis pada 14 Februari 2017. Ada tiga kelompok pejuang yang bisa kamu pilih: Knight, Samurai, dan Vikings. Masing-masing campaign akan membawa kamu ke jalan cerita menarik. Jika pacarmu penggemar gim slash & dash seperti Onimusha dan Romance of Three Kingdom XIII, For Honor mungkin jadi hadiah Valentine yang bisa bikin pasanganmu terharu bahagia.

Horizon: Zero Dawn barangkali menjadi judul yang paling banyak diperbincangkan dan jadi gunjingan para penggemar gim sepanjang Electronic Enternainment Expo. Studio Guerrilla Games dan Sony Entertaiment bekerja sama untuk mewujudkan gim ini dengan pesona visual yang demikian indah. Gim yang menggabungkan elemen klasik perburuan dengan monster-monster berteknologi canggih melahirkan narasi indah yang patut ditunggu. Ulasan gameplay plus trailer asyik membuat banyak orang tak sabar mencoba permainan ini, dan kamu perlu menunggu pada 28 Februari 2017.

Persona 5 adalah gim yang secara personal saya tunggu kemunculannya. Dibuat oleh Atlus dan P Studio, seri terbaru Persona akan membuat kamu memainkan karakter siswa sekolah yang bisa berpindah di dunia alternatif, melawan monster, membangun karakter, dan berjejaring. Kamu juga dimanjakan visual indah dari anime yang akan muncul di tubuh permainan ini. Secara umum gameplay-nya bakal sama dengan seri-seri Persona sebelumnya. Kamu akan menjalani hidup sebagai seorang ksatria pembasmi monster (?) dan seorang murid yang bisa jatuh cinta lantas pacaran. Gim ini akan dirilis pada 4 April 2017.

Jika kamu menyukai game pertarungan, maka game seperti Injustice 2, Tekken 7, dan Ultimate Marvel Vs Capcom 3 patut kamu tunggu. Sementara gim sekuel baru dari gim klasik seperti Kingdom Hearts HD 2.8 – Final Chapter Prologue dan Crash Bandicoot N. Sane Trilogy patut kamu nantikan.

Tahun 2017 mungkin masih akan menjadi tahun yang menyenangkan bagi para penggila gim khususnya PS4. Mari kita berharap Hideo Kojima tetap hidup sembari gembira-sedih-menangis-bahagia seandainya Konami merilis ulang Suikoden atau Silent Hill.

Baca juga artikel terkait GAME KONSOL atau tulisan menarik lainnya Arman Dhani
(tirto.id - dan/fhr)

Laporan 1: Para Jagoan Super yang Menjanjikan Pada 2017
Laporan 2: Gim Konsol yang Layak kamu Tunggu Tahun 2017
Laporan 3: Pop Biasa saja, Folk Makin Asyik
Laporan 4: Buku-buku Menarik yang (Mungkin) Terbit pada 2017

Keyword