Gerindra: PKS yang Pilih Riza Patria Jadi Cawagub DKI Jakarta

Oleh: Haris Prabowo - 22 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Dasco membantah tudingan bila Gerindra tak melibatkan PKS dalam menentukan sekaligus mengumumkan Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis ke publik.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengklaim bahwa munculnya nama Ahmad Riza Patria sebagai salah satu calon wakil gubernur DKI Jakarta merupakan pilihan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Menurut Dasco, Partai Gerindra sebelumnya telah mengajukan empat nama ke PKS untuk dipilih dan diajukan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan DPRD DKI Jakarta. Dari empat nama tersebut, PKS memilih Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis untuk masuk ke bursa Cawagub DKI.

"Iya, PKS [yang milih Riza]," kata Dasco saat ditemui di Gedung DPR RI, Rabu (22/1/2020).

Dasco membantah tudingan bila Gerindra tak melibatkan PKS dalam menentukan sekaligus mengumumkan dua nama tersebut ke publik. Dasco mengklaim Gerindra tetap menghormati PKS sebagai sesama partai politik pengusung Anies Baswedan pada Pilgub DKI Jakarta 2018 silam.

"Kan harus diusung dua partai pengusung dan calonnya harus dua. Kami ajukan empat nama kemudian dari PKS sudah memberikan dua nama kepada kami, satu dari PKS dan satu dari Gerindra," katanya.

Wakil Ketua DPR RI ini telah meminta kedua pengurus partai untuk wilayah Jakata bersama-sama memproses surat ini agar segera ada wakil gubernur menggantikan kursi yang ditinggalkan Sandiaga Uno.

"Saya sudah minta kepada DPD Gerindra DKI untuk bersama mengajak DPW PKS DKI menyerahkan surat tersebut ke gubernur, dan itu sudah dilakukan," kata Dasco.

Dua nama calon wakil gubernur (cawagub) dari Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno telah diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kedua nama itu yakni politikus PKS Nurmansyah Lubis dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

Setelah menerima surat tersebut, Anies mengatakan akan mengantarkan kedua nama Cawagub DKI Jakarta itu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Nantinya DPRD DKI Jakarta akan melakukan proses pemilihan Cawagub dan Anies berharap DPRD segera memprosesnya.


Baca juga artikel terkait BURSA CAWAGUB DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Bayu Septianto
DarkLight