Gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang perairan Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara terasa hingga Manado, Sulawesi Utara pada Senin dini hari. Namun, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG di Jakarta, Senin dini hari, gempa bermagnitudo 6,5 SR ini terjadi pada Senin (7/1/2019) pukul 00.27 WIB.

Titik gempa berada pada koordinat 2.36 Lintang Utara, 126.74 Bujur Timur (146 km Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara) dengan kedalaman 10 kilometer.

"Dan tidak berpotensi tsunami," tulis akun tersebut.

Dampak gempa ini bisa dirasakan hingga Manado, salah satu warga, Tya (37), saat dihubungi Tirto, mengaku merasakan guncangan gempa yang cukup terasa pada Senin dini hari. "Saya masih tetap di dalam rumah, karena hanya beberapa detik saja," ujarnya.

Sementara itu, pada 29 Desember 2018, daerah perairan Kepulauan Talaud Sulawesi Utara juga diguncang gempa berkekuatan 7,1 SR yang tak berpotensi tsunami.

BMKG Sulawesi Utara juga sempat mencatat sebanyak sembilan gempa susulan usai gempa 7,1 yang terjadi di Filipina Tenggara yang berbarengan dengan gempa di Talaud.

Kendati demikian, pihak BMKG meminta warga tetap waspada dan berhati-hati akan terjadinya gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui adanya korban atau kerugian akibat gempa tersebut.