tirto.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan peluncuran tiga inovasi layanan kesehatan terbaru sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan kesehatan bagi warganya.
Langkah ini menunjukkan komitmen Pemprov dalam memperkuat sistem kesehatan di ibu kota dan memberikan solusi yang lebih efektif serta efisien bagi kebutuhan masyarakat. Ketiga layanan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam mempermudah warga Jakarta mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.
Salah satu layanan unggulan yang diluncurkan adalah Hotline Telekonsultasi Kesehatan Jiwa 24 Jam (JakCare). JakCare atau Counseling and Assistance for Resilience and Empowerment adalah sebuah layanan khusus yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu upaya untuk menangani masalah kesehatan mental warganya.
Dengan adanya JakCare, diharapkan warga dapat lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan layanan kesehatan jiwa tanpa harus menghadapi antrean panjang atau kesulitan mencari informasi.
Peluncuran JakCare bersamaan dengan dua layanan kesehatan inovatif lainnya yakni Layanan Kesehatan Warga Jakarta (Pasukan Putih) dan Tim Medis Reaksi Cepat (JakAmbulans). Peluncuran ini semakin mempertegas fokus Pemprov DKI Jakarta dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup warganya, khususnya di bidang kesehatan.
Integrasi layanan digital seperti JakCare diharapkan dapat memangkas birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan memberikan kemudahan akses bagi seluruh lapisan masyarakat. Langkah ini sejalan dengan visi Jakarta sebagai kota yang modern dan berorientasi pada pelayanan publik yang prima.
Fasilitas JakCare
JakCare merupakan layanan telekonsultasi kesehatan jiwa gratis 24 jam yang ditangani langsung oleh psikolog klinis sebagai ruang aman bagi warga yang ingin bicara tanpa stigma.
Telekonsultasi JakCare terhubung dengan call center akan tersambung dengan fasilitas kesehatan baik puskesmas atau RSUD. Saat ini, sebanyak 28 dari 44 puskesmas di DKI sudah memiliki tenaga psikolog serta layanan kesehatan jiwa di 31 RSUD
Nantinya yang menerima telepon adalah tenaga psikolog klinis yang disediakan dalam tiga shift per hari. Jadi, selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, selalu ada tenaga psikolog klinis yang akan menerima konsultasi dari masyarakat.
Fasilitas yang ditawarkan oleh JakCare meliputi kemudahan pendaftaran berupa pendaftaran online ke fasilitas kesehatan yang secara otomatis dapat dilakukan saat sudah terhubung melakukan telekonsultasi. Kemudian tentunya fasilitas konsultasi psikolog klinis atau dokter spesialis jiwa jarak jauh.
Layanan ini diharapkan mampu menjadi solusi atas problem kesehatan mental yang cenderung banyak dialami warga yang tinggal di kota metropolitan Jakarta. Selain itu diharapkan juga menjadi fasilitas pintu masuk bagi korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.
Cara Akses Layanan Kesehatan Mental Gratis dari JakCare
JakCare merupakan Inovasi layanan kesehatan mental bagi warga Jakarta berupa telekonsultasi gratis secara daring 24 jam dengan psikolog klinis. Layanan ini terhubung dengan rumah sakit khusus kesehatan jiwa dan seluruh layanan kesehatan jiwa di puskesmas.
Cara mengakses layanan ini adalah sebagai berikut:
- Hubungi 0800 1500 119, atau
- Aplikasi JAKI.
Jika menggunakan aplikasi JAKI maka perlu mengunduh melalui Play Store untuk pengguna android atau Apps Store bagi pengguna IOS. Bila sudah mengunduh aplikasi JAKI, Anda dapat langsung mengakses JakCare melalui fitur kategori Kesehatan.
Setelah memilih fitur kategori Kesehatan, Anda akan diarahkan ke untuk memilih fitur lainnya salah satu fitur yang dapat dipilih adalah JakCare. Jika sudah memilih JakCare, Anda akan langsung diarahkan untuk memilih tombol “Konsultasi Sekarang”, jika sudah ditekan maka akan muncul nomor yang langsung dipanggil untuk menghubungkan dengan psikolog klinis.
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Dipna Videlia Putsanra