Film Livi Zheng Bali: Beats of Paradise Masuk Kualifikasi Oscar

Oleh: Yulaika Ramadhani - 30 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Buat saya, berkarir di dunia film adalah sebuah keistimewaan," kata Livi
tirto.id -
Film karya sutradara asal Indonesia, Livi Zheng "Bali: Beats of Paradise" masuk dalam daftar kualifikasi film yang berpeluang menjadi salah satu nominasi piala Oscar 2019.

Film ini bersaing dengan 346 film termasuk sejumlah karya Hollywood antara lain Avengers: Infinity War", "Ant-Man and the WASP", "Aquaman", "Black Panther", "Bohemian Rhapsody" dan "Fifty Shades Freed" untuk masuk nominasi kategori Best Picture.

Pada tahun 2010, ada 274 film yang dikirimkan, lalu turun menjadi 248 pada tahun berikutnya. Pada tahun 2012 kembali terjadi peningkatan dalam jumlah film yang masuk, yakni 265, 282 pada tahun 2013 dan 289 pada 2014.

"Bali: Beats of Paradise" mengangkat soal gamelan dan merupakan kolaborasi Livi bersama penyanyi Judith Hill, dalam "Queen of the Hill" yang memadukan gamelan dengan musik funk.

Nominasi Oscar akan diumumkan pada 22 Januari 2019 dan upacara penghargaannya berlangsung pada 24 Februari di Hollywood.

Sebelumnya, film ini juga membawa Livi Zheng mendapatkan penghargaan Culture Ambassador Award di The Unforgettable Gala, AS, Sabtu (8/12/2018).

The Unforgettable Gala merupakan acara penghargaan yang ditujukan untuk orang Asia-Amerika di Negeri Paman Sam.

Dalam sambutannya, Livi sedikit bercerita latar belakangnya di mana dia dan keluarga berasal dari Blitar, sebuah kota kecil yang baru punya bioskop tahun ini.

"Buat saya, berkarir di dunia film adalah sebuah keistimewaan," kata Livi dalam bahasa Inggris saat menerima penghargaan.

Sebagai seorang perempuan muda berdarah Asia, meniti karir sebagai sineas harus melewati jalan berliku.

"Tapi saya yakin bisa terus menggapai mimpi dalam karir perfilman," ujar dia.

Sekilas, dia bercerita tentang film terbaru "Bali: Beats of Paradise" yang mengangkat soal gamelan, juga kolaborasinya bersama penyanyi Judith Hill, dalam "Queen of the Hill" yang memadukan gamelan dengan musik funk.

"Ada banyak gamelan di Indonesia...Indonesia kaya budaya dan seni dan saya ingin berbagi itu dengan Anda semua," tutup dia.

Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Sumber: antara
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani