Daftar Film yang Jadi Google Trend 2018: Dilan 1990 Hingga The Meg

Oleh: Dipna Videlia Putsanra , Alifa Justisia - 27 Desember 2018
Dibaca Normal 3 menit
Dilan 1990 jadi satu-satunya film Indonesia yang masuk 10 besar daftar pencarian Google Trend 2018.
tirto.id - Dilan 1990 dan Avengers: Invinity War jadi dua film dengan pencarian terbanyak selama 2018. Google mencatat, Dilan 1990 jadi satu-satunya film Indonesia yang masuk dalam 10 teratas film terpopuler menurut Google Trends Indonesia.

Selain Avangers, sederet film luar negeri jadi trending di Google, misalnya The Nun, A Quiet Place, hingga The Meg. Berikut adalah kumpulan film yang paling diminati di Indonesia sepanjang 2018.

1. Dilan 1990

Tahun 2018 dibuka dengan film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq, Dilan 1990. Film berlatar belakang tahun 1990-an ini mengajak penonton untuk kembali mengenang hubungan romantis saat SMA.

Film ini dibintangi oleh dua artis muda, Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Film yang berdurasi 1 jam lebih 50 menit ini bercerita tentang seorang anak SMA yang terkenal badung namun cerdas bernama Dilan.

Ia jatuh cinta pada anak baru di sekolahnya yang cantik dan pemalu bernama Milea. Dilan 1990 merupakan novel pembuka dari trilogi Dilan dan Milea. Sedangkan film kedua seri Dilan diprediksi akan tayang di tahun 2019 mendatang.

2. Avengers Infinity War

Avengers Infinity War jadi film yang paling ditunggu-tunggu pecinta Marvel. Sebagian superhero ciptaan Marvel melakoni adegan dalam satu frame, sebut saja Deadpool, Ant Man, Spiderman, hingga superstar Marvel terbaru Black Panther bersatu melawan Thanos.

Dalam durasi yang cukup panjang, sekitar 2 jam 29 menit, para penonton akan diajak untuk melihat aksi laga yang kuat seperti film superhero pada umumnya, namun dibumbui dengan berbagai tingkah konyol dan guyonan lucu yang dilontarkan para pemain.

3. Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald

Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald tayang pada November tahun ini. Seminggu setelah debut, film yang dibintangi Eddie Redmayne itu meraih 62,2 juta dolar AS di Amerika Utara dan 191 juta dolar AS di pasar internasional. Total raihannya mencapai 253 juta dolar AS (sekitar Rp3,6 Triliun) di akhir pekan di bulan November 2018.

Film besutan novelis terkenal, JK Rowling ini berkisah tentang Grindelwald yang lolos dari tahanan dan mengumpulkan beberapa pengikut untuk membantunya. Tapi para pengikutnya tidak tahu tujuan sesungguhnya dari Grindelwald, yaitu meningkatkan kekuatan para penyihir demi menguasai makhluk non-magis.

Albus Dumbeldore (Jude Law) mengetahui hal tersebut. Ia akhirnya meminta salah satu murid terbaiknya, Newt Scamander (Eddie Redmayne) untuk menggagalkan tujuan Grindelwald.

4. The Nun

The Nun menjadi salah satu film bergenre horor paling ditunggu tahun ini. Menyambung dari beberapa film horor yang ditulis oleh James Wan, sosok Valak sebagai tokoh utama di film ini muncul pertama kali di The Counjuring 3 tayang. The Nun mengisahkan bagaimana Valak muncul di bumi untuk menganggu manusia.

5. Black Panther

Black Panther rilis pada Februari 2018. Aksi superhero Marvel terbaru dalam Black Panther menuai pujian dalam tayangan premiernya. Film garapan sutradara Ryan Coogler ini pertama kali diputar pada Senin (29/1/2018) malam di Los Angeles.

Seperti dikutip situs IMDB, Black Panther dijadwalkan tayang secara global pada pertengahan Februari 2018. Sementara itu, penonton Indonesia dapat menyaksikan petualangan King T'Challa ini di bioskop Tanah Air mulai 14 Februari.

Black Panther mengikuti kisah T'Challa (Chadwick Boseman) setelah peristiwa Captain America: Civil War. Ia kembali ke kampung halamannya di Wakanda untuk mengambil posisi sebagai Raja.

Namun, ketika musuh lama muncul kembali, keberanian T'Challa sebagai Raja sekaligus Black Panther diuji. T'Challa terlibat dalam konflik yang berisiko pada nasib Wakanda dan seluruh dunia.

6. Venom

Venom menceritakan kisah Eddie Brock (Tom Hardy) seorang jurnalis yang mempertanyakan kasus yang dihindari oleh pemerintah. Hal itu membuatnya melakukan investigasi pada perusahaan Life Foundation yang dijalankan oleh Carlton Drake (Riz Ahmed).

Perusahaan tersebut memiliki symbiote alien. Selama investigasi tersebut, Brock justru harus bersinggungan dengan symbiote alien. Akibatnya, Brock mendapatkan kekuatan super selama mereka berbagi tubuh yang sama.

Brock adalah jurnalis dengan karir yang tidak baik-baik amat. Ia dipecat setelah menulis berita tentang identitas pembunuh berantai “Sin-Eater” tanpa bukti yang sesuai. Sementara, identitas pembunuh berantai yang sebenarnya justru diungkapkan oleh Spider Man.

Karakter Venom memang pernah muncul pada film Spider Man 3 (2007). Film yang saat itu Spider Man diperankan oleh Tobey Maguire.

7. Deadpool 2

Meski banyak film produksi Marvel yang diputar tahun ini, antusiasme untuk menonton film Deadpool 2 tetap tinggi. Terbukti Deadpool masuk dalam jajaran ke enam Top Movies in the Past 365 Days versi Box Office Mojo.

Deadpool 2 bercerita tentang Wade Wilson yang masih sedih karena ditinggal mati sang istri. Kemudian dia dihadapkan masalah di mana ia harus menyelamatkan bocah berkekuatan super yang tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri akibat kemarahan yang dalam.

Sosok Deadpool masih dideskripsikan sebagai pahlawan yang nyeleneh, penuh dengan kekerasan, sarkastik, namun sebenarnya berhati sangat lembut. Meskipun film ini penuh dengan adegan kekerasan yang sangat kuat, tetapi Deadpool 2 memperlihatkan sisi manusiawi Wade Wilson yang mengharukan.

8. Crazy Rich Asians

Dirilis pada bulan Agustus 2018, film Crazy Rich Asians menjadi film Hollywood pertama dengan seluruh pemainnya merupakan orang Asia. Di Indonesia, film yang diambil dari novel dengan judul yang sama ini mendapatkan apresiasi luar biasa saat pemutarannya. Bahkan hingga sekarang, sebutan ‘crazy rich’ digunakan sebagian masyarakat untuk mendeskripsikan orang-orang tertentu.

Film yang didistribusikan oleh Warner Bros. Picture ini hadir dalam dua bahasa secara, yaitu mandarin dan bahasa inggris. Crazy Rich diperankan sederet pemain Asia, seperti Constance Wu, Henry Golding, Michelle Yeoh, Gemma Chan, Lisa Lu, Awkwafina, dan Ken Jeong.

9. A Quiet Place

A Quiet Place tayang perdana di Indonesia pada April 2018. Film bergenre horror thriller ini menyajikan cara yang unik dalam mengemas ketegangannya. Jika biasanya film bertema yang sama penuh dengan suara-suara menyeramkan dan teriakan dari para pemain di adegan film, A Quiet Place membuat ketakutan yang tidak biasa dengan cara yang sunyi.

Menampilkan John Krasinski dan Emily Blunt sebagai lakon utama, A Quiet Place berkisah tentang satu keluarga yang harus menjalani hari-hari penuh dengan kesunyian demi bertahan hidup dari makhluk mengerikan yang akan datang jika mendengar suara sedikit pun.

Konflik mulai muncul saat sang istri hamil dan salah satu anak mereka menderita tuna rungu. Salah satu adegan yang paling ramai dibicarakan penonton adalah saat Blunt harus berjuang melahirkan tanpa bersuara.

10. The Meg

Selepas perannya di film Spy, Furious 7, dan The Expendables, Jason Statham kembali ke layar lebar dengan beradu akting bersama aktris pemenang penghargaan film di Cina, Li Bingbing. Sebelumnya, Bingbing dikenal dalam perannya di film Transformers: Age of Extinction, Forbidden Kingdom, dan The Message.

The Meg menceritakan aksi penyelamatan sekelompok orang yang terperangkap di dasar laut. Dalam film tersebut dikisahkan sebuah kapal selam laut internasional diserang oleh makhluk besar, yang sebelumnya dianggap telah punah, dan sialnya sekarang hidup di bagian terdalam laut Pasifik.

Untuk aksi penyelamatan ini, seorang penyelam Jonas Taylor (diperankan Jason Statham) direkrut oleh ahli kelautan Cina (diperankan oleh Winston Chao). Jonas ditugaskan untuk menyelamatkan kapal dan satu tim yang terjebak di laut tersebut.
Dari seluruh tantangan yang ada, ancaman paling berbahaya yang musti dihadapi Jason adalah hiu pra-sejarah sepanjang 75-kaki yang dikenal sebagai Megalodon. Satu pemangsa terbesar dan terbesar sepanjang masa.

Bertahun-tahun sebelumnya, Jonas telah menghadapi makhluk menakutkan yang sama. Kini, ia bekerja sama dengan Suyin (diperankan oleh Li BinBing) dan harus menghadapi ketakutannya serta mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan semua orang yang terperangkap di bawah laut.

Baca juga artikel terkait GOOGLE TRENDS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra & Alifa Justisia
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra & Alifa Justisia
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight