Film Komedi Mandarin Pegasus: Kembalinya Pembalap Legendaris

Oleh: Farizqa Ayuluqyana Putri - 16 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film komedi Mandarin Pegasus berkisah tentang seorang pembalap legendaris yang kembali ke arena balap.
tirto.id - Sedang mencari tontonan keluarga yang unik sekaligus menginspirasi? Film komedi Mandarin bertajuk Pegasus bisa menjadi pilihan. Rilis perdana di China dengan judul Fei Chi Ren Sheng sejak 5 Februari 2019 lalu, film ini ditulis sekaligus disutradarai langsung oleh Han Han.

Berkat alur ceritanya yang ringan film ini mendapat 83 persen dari audience score dengan total 7 user rating pada Rotten Tomatoes. Meski demikian, pada situs IMDb film ini hanya memperoleh 6,2/10. Prestasi lain, Pegasus berhasil meraih gelar juara pada kategori favorite supporting actor untuk Johny Huang dalam Student’s Choice Award.

Sinopsis


Film diawali dengan menceritakan kembali kisah masa lalu Zhang Chi (Shen Teng) pada sang anak, Zhang Fei, ketika dirinya masih menjadi pembalap reli kenamaan di Bayanbulak, China. Sembari bercerita, Zhang Chi memamerkan baju balapnya pada sang anak. Namun, tanpa diduga Zhang Fei justru menganggap ayahnya sangat mirip dengan petugas pengantar makanan.

Masih menggunakan baju balapnya, Zhang Chi dan Zhang Fei bersepeda menuju lokasi persidangan. Dengan agenda sidang penentuan SIM dan hak balapnya yang sempat ditahan lima tahun lalu akibat dirinya terlibat dalam balap liar di area parkir melawan musuh bebuyutannya, William Feng. Dalam sidang tersebut akhirnya hakim ketua, Wan Hepping, memutuskan bahwasanya Zhang Chi diperkenankan untuk memiliki SIM kembali.

Usai permohonan hukum berkendaranya dicabut, Zhang Chi bergegas menghubungi sang partner balap, Sun Yuqiang (Zheng Yin), untuk mengajaknya kembali bergabung. Sun Yuqiang setuju dengan semangat menemani Zhang Chi dalam menjalani tes pengambilan SIM kembali. Tetapi, hal tersebut tidak berjalan lancar, rekam jejak kriminal lima tahun lalu menghambat proses pembuatan izin mengemudinya.

Zhang Chi akhirnya berhasil mendapatkan kembali SIM setelah menjalani dua kali ujian praktik. Sesaat setelah menerima kabar gembira itu, Zhang Chi bersama Sun Yuqiang tiba-tiba didatangi Li Zhendong (Johnny Huang), juara bertahan dalam ajang balapan yang sama ketika Zhang Chi tidak berlaga.

Li Zhendong merasa dirinya belum menjadi pembalap yang sesungguhnya ketika belum berhasil mengalahkan Zhang Chi sebagai pembalap legendaris. Hal itu Li Zhendong sampaikan dengan memberinya tawaran bantuan agar Zhang Chi dapat kembali berlaga melawan dirinya sebagai ajang pembuktian diri. Diliputi perasaan gengsi, Zhang Chi yang merasa masih memiliki koneksi untuk tim sponsor menolak mentah-mentah tawaran Li Zhendong.

Namun semua itu tidak semudah yang ia bayangkan. Ketika dirinya meminta perusahaan yang pernah mensponsorinya dulu ternyata menolak dengan alasan tingginya risiko ketika mereka kembali bekerja sama dengan Zhang Chi. Ye (Xiang Wei), sang mantan manajer sekaligus perwakilan perusahaan mobil tersebut berpikiran bahwa reputasi perusahaan akan terancam.

Tetapi berkat prestasi yang pernah Zhang Chi torehkan ketika bersama manajer Ye, dirinya memberikan rangka mobil yang pernah Zhang Chi kemudikan saat berlaga. Meski sudah dalam kondisi yang memprihatinkan, Zhang Chi harus mengambilnya tanpa diketahui orang lain.

Melihat kondisi rangka mobilnya yang lebih mirip rongsokan mengharuskannya melakukan reparasi besar-besaran. Dengan profesinya yang hanya sebagai penjual nasi goreng membuatnya tidak memiliki dana berlebih.

Mungkinkah Zhang Chi kembali ke arena balap dan kembali Berjaya dengan berbagai rintangan yang mengalangi? Tayang ini dapat anda saksikan disejumlah layanan streaming film berbayar.

Baca juga artikel terkait FILM MANDARIN atau tulisan menarik lainnya Farizqa Ayuluqyana Putri
(tirto.id - Film)

Kontributor: Farizqa Ayuluqyana Putri
Penulis: Farizqa Ayuluqyana Putri
Editor: Agung DH
DarkLight