Piala Dunia 2022

Fakta Unik Arab Saudi yang Kalahkan Argentina di Piala Dunia

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 23 Nov 2022 10:51 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Apa saja fakta unik negara Arab Saudi yang kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022?
tirto.id - Raja Salman secara resmi mengumumkan hari libur umum secara nasional di Arab Saudi, usai timnas negara tersebut berhasil mengalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan yang digelar Selasa (22/11/2022) itu, Meski sempat unggul cepat via penalti Lionel Messi, La Albiceleste hancur oleh gol balasan Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari di Stadion Ikonik Lusail pada Selasa (22/11/2022). Rekor Argentina yang tidak kalah dalam 36 laga beruntun dipatahkan The Green Falcons.

Argentina datang ke Piala Dunia 2022 sebagai salah satu kandidat juara. Tim asuhan Lionel Scaloni berstatus juara Copa America 2021 dan tinggal selangkah lagi untuk menyamai rekor Italia tidak pernah tumbang dalam 37 laga internasional beruntun. Namun, yang dilakukan oleh Arab Saudi membalikkan banyak prediksi.

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina menjadi pembicaraan di seluruh dunia dan sempat menjadi trending topic di media sosial Lalu, apa saja fakta unik dari negara Arab Saudi? Berikut ini ulasannya.


Fakta-Fakta Unik Negara Arab Saudi


1. Cadangan Ladang Minyak Kerajaan Ghawar

Ladang minyak Ghawar atau Ghawar Oil Field adalah ladang minyak terbesar di dunia, yang terletak di Provinsi Al Hasa, Arab Saudi.

Mengutip Bussines Insider, saat ini setidaknya terdapat sekitar 75 miliar barel minyak. Saking banyaknya, cadangan minyak di Ghawar, cukup untuk mengisi 4,770,897 kolam renang olimpiade.

2. Ada 400 Gerbang Kuno di Gurun Arab

Pada 2017, ditemukan sekitar 400 gerbang kuno di Gurun Arab. Para arkeolog menggunakan google earth untuk mengidentifikasi struktur batu yang sulit dipahami itu.

Para ahli meyakini, gerbang-gerbang kuno itu dibangun oleh suku nomaden antara 2.000 dan 9.000 tahun yang lalu.

3. Arab Saudi adalah Negara Terbesar di Dunia Tanpa Sungai

Arab Saudi adalah negara terbesar ke-13 di dunia, dan terbesar kedua di dunia Arab setelah Aljazair dengan luas mencapai 830.000 mil persegi.

Negara terbesar ke-13 di dunia ini tidak memiliki satupun sungai. Sebanyak 95 persen negara dianggap gurun atau semigurun, dan memiliki beberapa daerah gurun terbesar, termasuk An Nafud dan Rub al-Khali. Hanya 1,45 persen dari tanah yang subur.

Dan meskipun tidak memiliki sungai, "garis pantainya yang luas di Teluk Persia dan Laut Merah memberikan pengaruh besar pada pengiriman, terutama minyak mentah, melalui Teluk Persia dan Terusan Suez," menurut CIA World Factbook.

4. Arab Saudi adalah Satu-Satunya Negara yang Melarang Perempuan untuk Mengemudi

Pemerintah Arab Saudi tidak memperbolehkan perempuan di negaranya untuk mengemudi kendaraan.

Mengutip Reuters, negara Islam konservatif tidak memiliki larangan tertulis bagi perempuan untuk mengemudi, tetapi hukum Saudi mewajibkan warga negara untuk menggunakan SIM yang dikeluarkan secara lokal saat berada di negara tersebut.

SIM semacam itu tidak dikeluarkan untuk perempuan, sehingga secara efektif ilegal bagi mereka untuk mengemudi.

5. Hampir 60 Persen Pekerja di Aarab Saudi adalah Tenaga Asing

Para tenaga kerja di Saudi didominasi oleh para pekerja asing dari luar negeri, sementara warga negara Saudi sendiri, lebih banyak bekerja di sektor publik.

6. Sirkuit Formula 1 Jeddah Tercepat Kedua di Dunia

Sirkuit Formula 1 Jeddah adalah yang tercepat nomor dua di dunia. Kecepatan rata-ratanya adalah 252,8 kilometer per jam, menurut Formula 1.

7. Riyadh Salah Satu Kota Terkaya Dunia

Riyadh masuk ke nomor 80 dalam daftar orang kaya dunia. Dalam hal Produk Domestik Bruto (PDB), Riyadh adalah salah satu kota terkaya di dunia. Demikian menurut Time out Riyadh.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight