Drama Korea Thriller Kriminal yang Bisa Ditonton Jelang Buka Puasa

Oleh: Maria Ulfa - 15 Mei 2019
Dibaca Normal 4 menit
Rekomendasi drama korea dengan genre thriller kriminal yang dapat dinikmati saat ngabuburit atau jelang buka puasa.
tirto.id - Menonton drama bisa menjadi salah satu alternatif untuk membunuh kebosanan sambil menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit di bulan ramadan ini.

Berikut ini, beberapa rekomendasi drama Korea bergenre aksi polisi dan thriller kriminal yang bisa dijadikan alternatif untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Trap (2019)

Trap merupakan drama bergenre thriller yang tayang di channel OCN pada slot Sabtu dan Minggu pukul 22.20 KST sejak 9 Februari 2019 lalu.

Drama ini mengisahkan tentang Kang Woo Hyun (Lee Seo Jin), seorang penyiar yang dihormati di Korea Selatan. Ia memiliki popularitas dan rekam jejak yang juga bagus, sehingga membuatnya diminta untuk terjun ke dunia politik.

Suatu hari, ia dan istrinya, Shin Yeon Soo (Seo Young Hee) dan juga Kang Shi Woo (Oh Han Gyul), anak laki-lakinya pergi untuk liburan ke sebuah vila di pinggir kota.

Akan tetapi, sesuatu hal yang mengerikan terjadi kepada mereka. Anak dan istrinya menjadi korban penculikan oleh kelompok pembunuh bayaran dan masih belum ditemukan, sedangkan Woo Hyun ditemukan oleh orang di pinggir jalan dalam keadaan tidak sadarkan diri, dan lidahnya terpotong.

Kemudian, Ko Dong Kook (Sung Dong Il), seorang detektif veteran berusaha untuk memecahkan kasus ini, karena juniornya Bae Nam Soo (Jo Dal Hwan) yang sedang menyelidiki kasus ini juga ikut terbunuh.

Dong Kook akhirnya bekerja sama dengan Yoon Seo Young (Lim Hwa Young), seorang profiler handal yang juga ditugaskan untuk menyelidiki kasus tersebut.

Drama Trap merupakan bagian pertama dari konsep Dramatic Cinema Project di saluran TV kabel OCN yang bertujuan untuk menggabungkan format film dan juga drama.


Voice 2 (2018)

Drama aksi dan thriller kriminal ini mengisahkan tentang anggota kepolisian dari pusat panggilan darurat 112 Korea Selatan yang harus berurusan dengan kejahatan dan kriminalitas di sekitar mereka termasuk kasus pembunuhan berantai, demikian dilansir Asianwiki.

Anggota kepolisian yang sering disebut sebagai Tim Golden Time Center ini dikepalai Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) dan ketua tim lapangan Do Kang Woo (Lee Jin Wook).

Kang Kwon Joo dikenal karena telinganya mampu mendengar suara-suara yang tidak bisa didengarkan oleh orang lain. Hal tersebut membuatnya mampu menyelamatkan banyak korban dengan petunjuk suara yang ia dengar di lokasi kejadian.

Sementara, Do Kang Woo adalah polisi yang dicurigai sebagai pelaku pembunuhan berantai yang hingga kini belum tertangkap. Tetapi, Do Kang Woo terus berusaha membuktikan kalau dirinya tidak bersalah.

Sebenarnya, tidak hanya Voice 2 yang layak dimasukkan dalam daftar drama thriller yang bisa ditonton menjelang buka puasa, Voice 1 dan Voice 3 juga bisa dijadikan salah satu opsi untuk membunuh kebosanan kala menunggu waktu berbuka.

Hampir sama dengan Voice 2, Voice season 1 juga menceritakan tentang anggota kepolisian dari pusat panggilan darurat 112 Korea Selatan yang harus berurusan dengan kejahatan dan kriminalitas di sekitar mereka termasuk kasus pembunuhan berantai.

Tetapi, fokusnya lebih kepada penyelesaian kasus tentang siapa yang telah membunuh ayah dari kepala polisi Kang Kwon Joo, dan istri dari ketua tim lapangan Moon Jin Hyuk (Jang Hyuk), yang ternyata adalah orang yang sama.

Sementara, Voice 3 baru saja menayangkan episode ke-2, dan pada musim ini, ceritanya akan lebih kepada mengungkap teka-teki yang ada pada Voice 2.

Selain itu, Tim Golden Time Center juga akan terlibat dan berurusan dengan jaringan internet gelap yang melakukan beberapa teror menakutkan.


Tunnel (2017)

Pada tahun 1986, Detektif Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) berusaha mati-matian untuk menangkap seorang pembunuh berantai.

Ia mengejar pembunuh berantai tersebut dan berduel dengannya di sebuah terowongan. Tetapi, ia jatuh pingsan karena serangan pembunuh tersebut dan besoknya ia terbangun.

Akan tetapi, ketika ia melewati sisi lain terowongan, Park Kwang Ho justru sedang berada di masa depan, yakni tahun 2017.

Pembunuh berantai tersebut ternyata masih beraksi 30 tahun kemudian, dan Kwang Ho paham kenapa ia akhirnya dikirim ke tahun 2017, yaitu untuk menangkap pembunuh tersebut.

Selama di masa depan, Kwang Ho hidup sebagai detektif polisi baru. Dibantu dengan rekannya, Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan Profesor Psikologi Kriminal Shin Jae Yi (Lee Yoo-Young), mereka berusaha menangkap pembunuh berantai yang beraksi lebih dari 30 tahun tersebut.

Tunnel tayang di OCN pada Maret 2017 lalu untuk mengisi slot drama Sabtu dan Minggu pukul 22.00 KST.


Criminal Minds (2017)

Drama yang diadaptasi dari serial Amerika berjudul sama ini menceritakan tentang Kim Hyun Joon (Lee Joon Ki), seorang perwira polisi generasi kedua. Ia bergabung dengan National Criminal Investigation (NCI) atas rekomendasi Kang Ki hyung (Son Hyun Joo).

Hyun Joon awalnya adalah seorang perwira SWAT yang mengkhususkan diri pada tim Explosive Ordance Disposal (EOD) atau tim penjinak bom yang telah dipindahkan ke Unit Kejahatan Berat sebagai penyidik.

Hal ini terjadi setelah ia menyaksikan salah seorang bawahannya meninggal saat sebuah bom yang sedang dijinakkan meledak. Ia juga menyaksikan ayahnya dibunuh oleh seorang kriminal saat masih kecil dan menyebabkan ia hanya memiliki sedikit simpati terhadap penjahat.

Sementara, Kang Ki Hyung, adalah pemimpin tim dan seorang profiler NCI veteran yang telah menerbitkan sebuah buku tentang kriminologi.

Kemudian, anggota NCI lainnya adalah Ha Sun Woo (Moon Chae Won), Na Na Hwang (Yoo Sun), Yoo Min Young (Lee Sun Bin), dan Lee Han (Go Yoon).

Ha Sun Woo adalah seorang agen lapangan dan analis perilaku NCI. Ia cenderung mengikuti protokol dan mengikuti buku pedoman, berbeda dengan Hyun Joon. Seperti Hyun Joon, ia adalah mantan perwira polisi.

Dengan tim tersebut, mereka berusaha memecahkan beberapa kasus sulit, termasuk kasus pembunuhan yang membuat istri Kang Ki Hyung meninggal.

Drama yang diadaptasi dari serial berjudul sama di channel CBS pada tahun 2005 ini telah tayang di Korea pada Juli 2017 lalu di tvN, pukul 22.50 KST.


Signal (2016)

Drama thriller kriminal yang juga dibumbui dengan cerita fantasi ini mengisahkan tentang Park Hae Young (Lee Je Hoon) yang bekerja sebagai profiler kriminal dan juga seorang letnan polisi.

Meskipun ia seorang polisi, Hae Young tidak mempercayai polisi karena pengalaman buruknya di masa lalu.

Dilansir dari Asianwiki, Hae Young akhirnya bertemu dengan seorang detektif veteran Cha Soo Hyun (Kim Hye Soo) dikarenakan beberapa insiden. Keduanya kemudian ditunjuk untuk membentuk tim kasus dingin yang tidak terpecahkan di masa lalu.

Sementara, suatu malam, Hae Young menemukan sebuah walkie talkie yang sedang menyala. Pria yang berbicara dengan Hae Young dari walkie talkie tersebut adalah Detektif Lee Jae Han (Cho Jin Woong).

Detektif yang menghubunginya tersebut ternyata berasal dari masa lalu, yakni tahun 2000 dan saat itu dirinya sedang menyelidiki tentang kasus yang berkaitan dengan Park Hae Young.

Setelah itu, keduanya sering berkomunikasi melalui walkie talkie tersebut dan terhubung dengan kasus di masa lalu yang kini sedang berusaha mereka pecahkan.

Drama Signal telah tayang pada 2016 lalu di tvN untuk slot drama Jumat dan Sabtu pukul 20.30 KST.


Cara Nonton Drama Korea Secara Legal di Hp dan Komputer

Drama-drama di atas bisa ditonton lewat aplikasi atau situs web yang menyediakan beberapa drama Korea secara gratis dan hanya memerlukan koneksi internet seperti Viu.

Platform streaming drama Korea Viu menyediakan beberapa drama lama atau terbaru dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Selain membayar biaya Rp30 ribu selama sebulan, untuk mendapatkan akses premium, pengguna hanya perlu log in menggunakan akun Google/Facebook dan e-mail.

Selain itu, untuk menonton drama lama yang telah tayang, pengguna hanya perlu menggunakan koneksi internet tanpa perlu daftar pada penggunaan premium.

Selain Viu, situs Viki juga bisa digunakan untuk menonton drama Korea terbaru dengan terjemahan bahasa Inggris. Pengguna hanya perlu mengaksesnya dengan koneksi internet.

Walaupun fokus pada film dan acara Barat, Netflix juga mulai menyediakan beberapa drama Korea dengan terjemahan beberapa bahasa termasuk Indonesia.

Netflix adalah platform streaming berbayar dengan tarif mulai Rp27 ribu hingga Rp42 ribu per bulan. Namun Netflix juga menyediakan 30 hari masa percobaan untuk pengguna baru.

Sebagai informasi, tiga layanan di atas juga tersedia untuk perangkat bergerak melalui aplikasi baik itu di Android dan iOS.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Ibnu Azis