DPR akan Pertanyakan Masalah Proyek Food Estate ke Pemerintah

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 16 Agu 2023 18:04 WIB
Ketua DPR Puan Maharani akan mengkonfirmasi ke pemerintah terkait implementasi proyek food estate yang disebut gagal.
tirto.id - Ketua DPR Puan Maharani mengaku akan meminta Komisi IV DPR RI untuk menanyakan soal implementasi proyek food estate yang disebut gagal. Ia pun mengaku akan mengkonfirmasi ke pemerintah sebagai bagian dari program pengawasan.

"Nanti coba saya tanya dulu dan kepada tentu saja kepada pemerintah karena kan DPR itu hanya mempunyai fungsi pengawasan, yang melaksanakan adalah pemerintah, kementerian terkait jadi ya tentu saja nanti komisi 4 bisa menanyakan hal tersebut kepada pemerintah," kata Puan usai kegiatan pembacaan nota keuangan 2024 di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Puan pun mengatakan, DPR akan menanyakan dan mengevaluasi proyek food estate, apalagi Jokowi memberikan anggaran ketahanan pangan hingga ratusan triliun dan memasukkan food estate sebagai bagian program tersebut.

Ia mengaku akan menanyakan pelaksanaan proyek karena pemerintahan Jokowi saat ini disebut berkomitmen untuk menyelesaikan proyek strategis nasional sebelum 2024 berakhir.

"Jadi ya itu yang akan kami tanyakan, DPR akan menanyakan kepada pemerintah sebenarnya mana saja yang proyek-proyek strategis yang menjadi prioritas utama untuk diselesaikan dan harus selesai karena anggarannya sudah keluar," kata Puan.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Sudin mengaku DPR mulai menelusuri kesuksesan program food estate. Ia mengatakan, DPR akan membentuk panja untuk menindaklanjuti masalah program food estate.

"Komisi 4 sedang membuat panja, belum ada kesimpulan. Nanti kalo ada kesimpulan, akan dirilis oleh saya," kata Sudin di kompleks parlemen, Jakarta hari ini.



Baca juga artikel terkait PROYEK FOOD ESTATE atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Reja Hidayat

DarkLight