Dody Budi Waluyo Resmi Diangkat Jadi Deputi Gubernur BI

Oleh: Shintaloka Pradita Sicca - 18 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dody Budi Waluyo bersumpah dirinya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Deputi Gebunur BI.
tirto.id - Dody Budi Waluyo telah sah dilantik Ketua Mahkamah Agung Muhammad (MA) Hatta Ali untuk menduduki posisi sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), menggantikan Perry Warjiyo. Pelantikan dilakukan pada Rabu (18/4/2018) sekitar pukul 11.00 WIB di Ruang Kusumah Atmadja, Gedung MA.

"Berdasarkan surat keputusan presiden Indonesia Nomor 69/P/2018 tanggal 13 april 2018. Saudara Budi Waluyo telah diangkat sebagai Deputi Gubernur BI. Sebelum memangku jabatan saudara wajib mengucapkan sumpah," kata Hatta Ali dalam seremoni pelantikan.

Dody kemudian menyatakan sumpahnya, "Bahwa saya, untuk menjadi Deputi Gubernur BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberikan sesuatu kepada siapapun juga."

Ia juga bersumpah bahwa dirinya selama menjabat tidak akan menerima apa pun di luar haknya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Saya bersumpah bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga, suatu janji atau pemberian dalam bentuk apapun."

"Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Deputi Gebunur BI dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab," ucapnya.

Ia pun akhirnya mengucapkan syukur bahwa pembacaan sumpahnya berjalan lancar dan ia berharap dengan posisi barunya ini dia dapat bekerja membawa kestabilan keuangan.

"Mudah-mudahan ini barokah karena ini juga tantangan tugas bagi saya tentunya untuk membawa kestabilan, momentum pertumbuhan. Ini merupakan tekad besar Bank Indonesia. Kami di jajaran deputi gubernur dan saya yang barusan dilantik, akan memegang mandat," kata Dody dalam pengucapan sumpah jabatan.

Dalam pelantikan ini hadir Gubernur BI Agus Martowardjojo, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dan Sugeng, serta jajaran staf lainnya. Namun, Perry Warjiyo tidak terlihat dalam acara itu.

Dody, seorang bankir karier bank sentral resmi menggantikan seniornya Perry Warjiyo yang habis masa jabatan. Namun, Perry akan kembali ke BI pada 23 Mei 2018 sebagai gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo.

Dody sebelumnya menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI. Ia telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan Deputi Gubernur BI untuk periode 2018-2023 di Komisi XI DPR. Dalam fit and proper test tersebut, Dody memaparkan visi misinya apabila terpilih sebagai Deputi Gubernur BI.

"Visi kami adalah memperkuat peran strategis BI dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan inklusif," kata Dody pada 27 Maret 2018.



Baca juga artikel terkait BANK INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Shintaloka Pradita Sicca
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Shintaloka Pradita Sicca
Penulis: Shintaloka Pradita Sicca
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight