Doa Penghujung Ramadhan 2023 Agar Bertemu Puasa Tahun Berikutnya

Penulis: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 17 Apr 2023 04:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Bacaan doa penghujung bulan Ramadhan supaya bertemu bulan suci lagi di tahun berikutnya. Berikut tulisan lain dan artinya.
tirto.id - Ramadan 2023 sebentar lagi berakhir. Terdapat bacaan doa penghujung bulan Ramadhan yang dianjurkan untuk dibaca supaya bertemu bulan suci lagi di tahun berikutnya. Berikut ini doa penghujung Ramadan 2023 sekaligus supaya bertemu bulan puasa tahun depan.

Umat Islam Indonesia kini telah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan. Waktu-waktu ini merupakan waktu istimewa lantaran di dalamnya terdapat kesempatan lebih besar untuk mendapatkan Lailatulqadar sebagaimana hadis berikut:

Carilah Lailatulqadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh akhir bulan Ramadan,” (HR. Bukhari).

Kendati demikian, beberapa kaum muslim sepatutnya merasa sedih lantaran bulan Ramadan 2023 akan berakhir. Ramadan merupakan salah satu paling bulan mulia dalam Islam sebagaimana sabda Rasulullah Saw. dalam hadis sebagai berikut:

Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Banyak kemuliaan yang ada dalam bulan Ramadan mulai dari kewajiban mendirikan puasa bagi kaum muslim. Kemudian, Ramadan merupakan bulannya Al-Qur’an atau syahrulquran, oleh sebab itu banyak umat Islam melantunkan kalamullah. Allah Swt. bersabda dalam Surah Al-Baqarah ayat 185 sebagai berikut:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Arab Latinnya:

Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān.

Artinya:

Bulan Ramadan adalah [bulan] yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda [antara yang hak dan yang batil],” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Bulan Ramadan juga menyimpan berbagai peringatan kejadian penting dalam Islam seperti peristiwa Nuzululquran, Lailatulqadar, kemenangan kaum muslim dalam Perang Badar (Hari Furqan), hingga tanggal kematian Khalifah Ali bin Abi Thalib.

Di sisi lain, pahala dari seluruh amalan kebaikan yang dilakukan kaum muslim di bulan Ramadan digandakan. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah dikatakan bahwa amalan kebaikan di bulan Ramadan bahkan dilipatgandakan hingga 700 kali lipat sebagai berikut:

Setiap amalan kebaikan anak Adam [manusia] akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. ‘Allah Ta’ala berfirman 'Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi,’” (HR. Bukhari).

Sebenarnya tidak hanya amalan kebaikan, perbuatan dosa juga akan dilipatgandakan apabila dikerjakan di bulan Ramadan. Rasulullah Saw. pernah bersabda dalam sebuah hadis riwayat Imam Thabrani sebagai berikut:

Maka takutlah kalian [terhadap] bulan Ramadan, sesungguhnya amalan-amalan kebaikan dilipatgandakan pada bulan tersebut [Ramadan] dan begitu juga dengan amalan-amalan keburukan,” (HR.Thabrani).

Ramadan menjadi waktu yang begitu tepat untuk memperkuat ketakwaan kaum muslim. Wajar apabila sebagian kaum muslim menjadi sedih menjelang berakhir bulan Ramadan. Maka dari itu, ada doa yang dianjurkan dibaca di penghujung bulan Ramadan sekaligus supaya diberikan umur panjang menemui bulan suci di tahun berikutnya.



Doa Penghujung Bulan Ramadan 2023


Berikut ini doa penghujung bulan Ramadan 2023 yang berisi pengharapan rida Allah Swt. atas segala amalan puasa hingga tadarus:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab Latinnya:

Rabbana taqabbal minna shiyamana wa qiyamanaa wa ruku'ana wa sujudanaa wa tilaawatanaa. Innaka antassamii'ul 'aliim.

Artinya:

Wahai Tuhan kami, terimalah puasa kami, shalat kami, ruku' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”


Doa Agar Bertemu Bulan Ramadan Tahun Depan 2024

Berikut ini doa meminta diberikan umur panjang supaya dapat bertemu bulan Ramadan tahun depan 2024:

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Arab Latinnya:

Allahumma laa taj'alhu aakhiral 'ahdi min shiyaminaa iyyahu, fain jatahu faj'alni marhuuman, walaa taj'alnii mahruuman.

Artinya:

Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.”



Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2023 atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight