Doa Buka Puasa dan Jadwal Imsak Ramadan 1439 H / 2018

Oleh: Yulaika Ramadhani - 21 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kebiasaan makan bersama dapat menekan tingkat depresi remaja serta dapat memperbaiki situasi psikologi anak-anak
tirto.id - Pada bulan Ramadan, kita biasanya selalu menyempatkan diri untuk berbuka puasa bersama, baik itu bersama keluarga ataupun teman-teman. Tidak melulu di rumah, tetapi juga di tempat-tempat makan, masjid, atau musala yang biasanya sudah dipenuhi beragam takjil gratis.

Misalnya, di Masjid Istiqlal selama bulan Ramadan menyediakan kurang lebih 4000 nasi kotak dan takjil bagi warga DKI yang hendak berbuka puasa.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta sendiri telah menyiapkan program buka puasa gratis bagi warga kurang mampu di beberapa pemukiman padat penduduk selama Ramadhan. Program yang dimulai Kamis, 17 Mei 2018 itu tak hanya didanai APBD, namun juga donasi warga yang disalurkan lewat Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dengan adanya program ini, masyarakat diharapkan bisa berbuka puasa bersama dengan warga lainnya yang berada di kampung-kampung di Jakarta sekaligus memberikan donasi.

Sebelum menyantap hidangan, kita disunahkan membaca doa berbuka puasa. Berikut doa buka puasa, dilansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

"Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap."

atau


ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap, insya Allah.”



Psikolog klinis sekaligus salah satu penggagas The Family Dinner Project, Dr. Anne K. Fishel, mengungkapkan berbagai keuntungan yang didapatkan dengan makan bersama secara general.

Berdasarkan penelitian, kebiasaan makan bersama dapat menekan tingkat depresi remaja, serta memperbaiki situasi psikologi anak-anak yang berpengaruh terhadap nilai akademis mereka. Pada saat makan bersama, tentu terjadi percakapan di dalamnya. Hal ini yang bisa memicu anak-anak yang sedang belajar berbicara atau membaca untuk menguasai kosakata lebih cepat.


Selain itu, Robin Fox, dosen Antropologi di Rutgers University, New Jersey, menyatakan bahwa makan bersama mengajarkan anak-anak untuk menjadi anggota masyarakat dan budaya. Berbagai nilai dan normativitas dapat ditransfer oleh orang-orang dewasa di meja makan, baik melalui percakapan secara langsung maupun aksi-aksi kecil seperti berdoa bersama, menuangkan hidangan ke piring anggota keluarga lainnya, atau mengucapkan terima kasih kepada si pembuat makan.


Bagi masyarakat atau wisatawan Jakarta yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian.

Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Baca juga artikel terkait RAMADAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani