Dituding Pelecehan Seksual, Justin Bieber Tuntut 20 Juta Dolar AS

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 26 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Dua penggemar Justin Bieber mengaku pernah mengalami pelecehan seksual dari sang idola.
tirto.id - Pelantun lagu “Boyfriend”, Justin Bieber mengajukan tuntutan dan ganti rugi sebesar 20 juta dolar AS atau senilai Rp285,9 juta kepada dua orang yang menuduhnya melakukan pelecehan seksual.

Seperti diwartakan NME, masing-masing mendapatkan gugatan sebesar 10 juta dolar atau sekitar Rp143,9 juta. Dua orang tersebut merupakan penggemar Bieber, dan lewat akun Twitter mereka, mengaku pernah mengalami pelecehan seksual dari Bieber.

Dilansir Pitchfork, Bieber menuntut kedua penuduh tersebut dengan alasan “secara curang melakukan penipuan untuk mencari perhatian dan ketenaran melalui unggahan tuduhan tercela yang jahat, palsu, dan fitnah tentang pelecehan seksual yang dilakukan Justin Bieber.”

Dua wanita tersebut adalah Danielle dan Kadi. Danielle menulis twit di akun Twitter-nya yang kini telah dihapus, tentang detail kejadian pelecehan seksual yang terjadi pada bulan Maret 2014 lalu di Austin, Texas. Sementara Kadi, menuliskan dalam akun Twitter pribadinya bahwa ia menerima perlakukan tidak senonoh Bieber di New York pada tahun 2015.

Justin Bieber yang tadinya diam saja pun kemudian menanggapi tuduhan tersebut dengan melayangkan bukti-bukti bahwa ia tidak melakukannya.

“Setiap klaim pelecehan seksual harus ditanggapi serius, dan begitulah dengan respons saya kali ini. Bagaimana pun, cerita (pelecehan seksual) tersebut tidak mungkin terjadi. Itulah mengapa saya sedang melaporkannya ke pihak Twitter dan pihak berwenang untuk mengambil tindakan hukum,” tulis Bieber dalam akun Twitter pribadinya.

Beberapa bukti yang diunggah Bieber dalam twitnya antara lain: beberapa kuitansi dan pemesanan lain, yang dapat mengindikasikan tuduhan Danielle tidak mungkin benar. Ia juga mengunggah foto screenshots (tangkap layar) dan artikel yang menunjukkan bahwa dirinya sedang bersama dengan mantan kekasihnya, Selena Gomez, saat pelecehan seksual tersebut dikatakan terjadi oleh Danielle.

Justin Bieber juga mengatakan bahwa ia tidak berada di Hotel Four Season sebagaimana dituliskan Danielle di ceritanya, melainkan di AirBnB dengan teman-temannya. Ia pun mengatakan bahwa ia pergi ke restoran Hotel Four Seasons pada tanggal 10 Maret, satu hari setelah pelecehan seksual tersebut dikatakan terjadi.

“Cerita lain mengatakan bahwa saya berada di Hotel Four Seasons karena ada twit di 10 Maret 2014, bukan di 9 Maret,” twitnya dengan mengunggah bukti twit akun @ErinALynch.

Di sisi lain, gugatan yang dilayangkan suami model papan atas Hailey Baldwin tersebut juga mengklaim bahwa ia memiliki bukti nyata dan tidak terbantahkan untuk melawan tudingan palsu tersebut. Menurut laporan TMZ, Bieber pun meyakini bahwa dua akun media sosial Danielle dan Kadi tersebut mungkin dijalankan oleh orang yang sama.


Baca juga artikel terkait JUSTIN BIEBER atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight