Dinilai Janggal, Pembukaan Kongres Nasdem Undang Anies Bukan Jokowi

Oleh: Mohammad Bernie - 10 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pendiri Nasdem Patrice Rio Capella menilai janggal ketika dalam pembukaan kongres Partai Nasdem tak mengundang Presiden Jokowi.
tirto.id - Salah satu pendiri sekaligus mantan Ketua Umum (Ketum) pertama dan juga Sekretaris Jendral Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Patrice Rio Capella menilai ada yang janggal saat pembukaan kongres Partai Nasdem tak undang Presiden Joko Widodo, tapi malah undang Anies Baswedan.

"Janggal rasanya jika pembukaan Kongres Partai NasDem pada 8 November 2019 tidak dihadiri Presiden Joko Widodo. Jika alasannya karena agenda internal, tapi kenapa Anies Baswedan diundang dan diberi porsi bicara? Ingat, Anies hanya terlibat dalam pendirian ormas Nasdem, bukan Partai Nasdem," kata Rio di kawasan Cikini, Jakarta Pusat pada Minggu (10/11/2019).

Menurutnya, meskipun Gubernur DKI Jakarta itu adalah salah satu pendiri ormas Nasional Demokrat, tapi Anies tidak punya andil apa-apa bagi partai.

Rio menilai justru Jokowi yang paling layak diundang dan membuka sebagai tuan rumah sebab dalam kongres hadir seluruh kader dari seluruh Indonesia. Terlebih pada kongres pertama, presiden turut diundang dalam pembukaan.

Dalam kesempatan tersebut Anies hadir dan memberi sambutan pada Kongres ke-II dan Ulang Tahun Ke-8 Partai Nasdem di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) malam lalu. Dalam pidatonya Anies sedikit menyebutkan beberapa kalimat deklarasi Nasdem yang saat itu masih jadi organisasi masyarakat (ormas).


"Karena itu harapan kita di Jakarta, dengan kongres di Jakarta semangat itu terjaga. Kami di Jakarta menyadari persis, di Indonesia yang memiliki penduduk yang beragam di Jakarta," kata Anies dalam memberikan pidato sambutan, Jumat malam.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menyebut Anies diundang dalam kapasitas sebagai tuan rumah kongres. Di sisi lain Plate pun menyebut Anies telah jadi bagian dari keluarga besar partai berwarna biru itu.

"Pak Anies sebagaimana diketahui gubernur DKI Jakarta ini adalah salah satu eksponen Nasional Demokrat, dan ini adalah bagian dari keluarga besar Nasional Demokrat," kata Plate di Kantor DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat pada Rabu (6/11/2019).


Baca juga artikel terkait KONGRES NASDEM atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight