Dewas KPK Pastikan Firli Bahuri Hadiri Pemeriksaan Etik Hari Ini

Reporter: Ayu Mumpuni, tirto.id - 20 Nov 2023 09:17 WIB
Anggota Dewas KPK Albertina Ho memastikan Ketua KPK Firli Bahuri akan menghadiri pemeriksaan dugaan pelanggaran etik pada pukul 10.00 WIB.
tirto.id - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri hari ini, Senin (20/11/2023). Pemeriksaan ini terkait dugaan pelanggaran etik dalam pertemuan Firli dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Anggota Dewas KPK Albertina Ho memastikan Firli akan menghadiri pemeriksaan pada pukul 10.00 WIB.

"Ya [Firli akan menghadiri pemeriksaan]," kata Albertina Ho saat dikonfirmasi, Senin (20/11/2023).

Firli sedianya diperiksa oleh Dewas KPK pada Selasa (14/22/2023). Lalu, jadwal dimajukan oleh Dewas KPK menjadi Senin (13/11/2023).

Akan tetapi, Firli meminta penjadwalan ulang pemeriksaan kepada Dewas KPK. Hal itu disampaikan Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

“Sesuai Surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan,” ujar Ali dalam keterangan tertulis, Senin (12/11/2023).

Menurut Ali, Firli akan menjelaskan mengenai semua yang terjadi dalam foto pertemuan dengan tersangka Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Dalam pemeriksaan nantinya Bapak FB pastinya akan menjelaskan duduk persoalan secara jelas dan terbuka, sehingga membantu Dewas KPK dalam proses pemeriksaan penegakan etik ini,” kata Ali.

Lebih lanjut, Ali menuturkan KPK meyakini Dewas akan bekerja secara profesional. Ia meminta masyarakat mengikuti proses pemeriksaan hingga putusan Dewas KPK.

“Kami yakin profesionalitas dan independensi Dewas dalam memeriksa dan memutus penegakan etik ini sebagaimana amanah undang-undang,” tutur Ali.

Dalam perkara ini, Firli dan SYL diduga bertemu di sebuah lapangan badminton. Foto keduanya beredar luas di masyarakat beberapa waktu lalu.


Baca juga artikel terkait PELANGGARAN ETIK FIRLI BAHURI atau tulisan menarik lainnya Ayu Mumpuni
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Ayu Mumpuni
Penulis: Ayu Mumpuni
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight