Debat Pilkada Depok Jalan Terus meski Mohammad Idris Positif Corona

Reporter: - 27 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Padahal petahana Mohammad Idris terkonfirmasi positif COVID-19 usai melakoni debat perdana Pilwalkot Kota Depok pada Minggu 22 November 2020 lalu.
tirto.id - KPU Kota Depok tetap akan menggelar debat publik pilkada yang kedua kalinya, meskipun tanpa kehadiran Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Debat tetap jalan sesuai dengan jadwal meskipun ada yang berhalangan hadir karena sakit atau lainnya," kata Nana di Depok, Jawa Barat, Jumat (27/11/2020) dilansir dari Antara.

Padahal Mohammad Idris yang merupakan petahana ini terkonfirmasi positif COVID-19 usai melakoni debat perdana Pilwalkot Kota Depok di studio Inews TV pada Minggu 22 November 2020 lalu.

Idris pun kemungkinan tidak bisa menghadiri acara debat sesi kedua yang digelar pada tanggal 30 November 2020.

"Ya, nanti hanya diwakili oleh Calon Wakil Wali Kota Depok saja. Jadi, digelar tanpa kehadiran Pak Idris," ujarnya.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok diikuti oleh dua pasangan calon, yakni paslon nomor urut 01 Pradi Supriatna-Afifah Alia dan paslon nomor urut 02 Mohammad Idris-Imam Budi Hartono.

KPU Kota Depok menggelar debat bagi paslon sebanyak tiga kali guna meningkatkan partisipasi pemilih.

Debat pertama digelar pada hari Minggu (22/11) di televisi iNews pada pukul 15.00—17.00 WIB. Dengan tema "Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Hukum di Kota Depok pada Era Kebiasaan Baru".

Debat kedua pada tanggal 30 November 2020 di KompasTV pukul 19.00—21.00 WIB dengan tema "Kesehatan, Kesejahteraan, dan kesenjangan di Kota Depok pada Era Kebiasaan Baru". Selanjutnya, debat ketiga pada tanggal 4 Desember 2020 di TVOne pukul 19.00—21.00 WIB.

Mohammad Idris dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani swab PCR test pada 25 November 2020 melalui petugas kesehatan RSUD Depok bekerja sama dengan Labkesda Depok.

Ketua tim sukses pasangan calon Idris-Imam, Hafid Nasir menjelaskan Mohammad Idris dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani gelaran Debat perdana di studio Inews TV pada Minggu 22 November 2020 lalu. Pada saat debat, calon wali kota Depok nomor urut 02 itu masih dalam kondisi sehat.

Idris bersama rombongan yang menyaksikan debat pun mengikuti rapid test dengan hasil non-reaktif, "Pak Idris termasuk yang sangat tertib menjaga protokol Kesehatan, hingga dinyatakan positif hari ini [Rabu 25/11/2020] oleh Labkesda Dinkes Kota Depok” kata Hafid melalui keterangan tertulisnya, Kamis (26/11/2020).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu saat ini tengah menjalani karantina dan perawatan intensif di RSUD Depok. "Kondisi kesehatan Mohammad Idris terpantau baik dan stabil," ucapnya.




Baca juga artikel terkait PILWALKOT DEPOK atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto
DarkLight