Datangi MK, Jubir BPN Pastikan Tak Ada Pendukung Prabowo-Sandiaga

Oleh: Bayu Septianto - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jubir BPN Andre Rosiade mendatangi Gedung MK untuk menghadiri sidang perdana PHPU Pilpres 2019 dan ingin memastikan pendukung Prabowo-Sandiaga tidak ada yang ke MK.
tirto.id - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mendatangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6/2019).

Kedatangan ini, katanya, untuk memastikan tak ada pendukung Prabowo-Sandi yang datang ke MK sesuai dengan imbauan Prabowo di media sosial beberapa hari yang lalu.

"Kedatangan kami ke sini, sebagai jubir untuk memantau dan memastikan bahwa imbauan Pak Prabowo kepada seluruh pendukung itu bisa berjalan," jelas Andre di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (14/6/2019).

Sesuai anjuran Prabowo, poltikus Partai Gerindra itu meminta agar pendukung Prabowo-Sandi menyaksikan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 dari rumah masing-masing.

Ia meminta para pendukungnya percaya kepada tim kuasa hukum Prabowo-Sandi yang dikomandoi Bambang Widjojanto dalam bersidang di MK.

"Doakan dan percayakan kepada tim kuasa hukum. Insya Allah tim kuasa hukum akan bersidang semaksimal mungkin untuk membuktikan dugaan kecurangan," ucap Andre.

Andre juga memastikan Prabowo dan Sandiaga tak hadir dalam persidangan di MK yang dijadwalkan hingga 24 Juni dan pembacaan putusan pada 28 Juni 2019. Kata Andre, kedatangan mereka dikhawatirkan akan memantik para pendukungnya untuk turut hadir berbondong-bondong ke MK.

"Beliau tidak hadir hari ini, juga untuk menjamin agar pendukung beliau tidak datang. Kalau seandainya Prabowo-Sandi hadir sidang MK pertama, tentu akan mengundang para pendukung untuk hadir," ungkap Andre.

Sebelumnya, Calon Presiden 02 Prabowo Subianto meminta para pendukungnya agar tidak perlu berbondong-bondong mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengawal sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019.

Prabowo meminta pendukungnya untuk percaya pada dirinya dan calon wakil presidennya, Sandiaga Uno dalam menghadapi sengketa Pilpres yang mulai disidangkan 14 Juni mendatang.

Ketua Umum Partai Gerindra itu berharap para pendukung dan relawan agar selalu bersikap tenang dan sejuk, damai dan berpandangan baik, serta menjalin persaudaraan dan semangat kekeluargaan bersama anak bangsa lainnya.

"Kami putuskan selesaikan jalur hukum dan konstitusi, karena itu saya dan Sandiaga memohon agar pendukung kami untuk tidak berbondong-bondong hadir di MK pada hari-hari mendatang. Kami mohon Anda percaya pada kami akan berbuat pada bangsa dan negara. Kami selalu pikirkan yang terbaik untuk kepentingan rakyat," kata Prabowo melalui video yang tersebar di media sosial pada Selasa (11/6/2019) malam.

Prabowo menyatakan, hal tersebut dirasa perlu dilakukan untuk menghindari fitnah dan provokator.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno