Dampak Banjir Jakarta: Sejumlah Ruas Tol Jakarta Tak Bisa Dilalui

Oleh: Andrian Pratama Taher - 20 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah ruas jalan tol tidak bisa dilalui akibat banjir karena hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta, Sabtu (20/2/20210) dini hari.
tirto.id -
PT Jasa Marga melakukan penanganan genangan di sejumlah tol yang dikelola oleh perusahaan pelat merah tersebut usai Jabodetabek diguyur hujan sejak Sabtu (20/2/2021) dini hari.

"Kembali diguyur curah hujan yang sangat tinggi sejak dini hari tadi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jasa Marga," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/2/2021).

Berdasarkan catatan Jasa Marga per pukul 08.00 WIB, rute yang mengalami genangan banjir terdiri atas beberapa ruas. Pertama, ruas Jalan Jakarta-Cikampek arah Jakarta berada pada titik KM 09B. Genangan terjadi di lajur 1 dan lajur 2. Lajur 3 dan 4 tengah dilakukan penanganan via pompa.

Kemudian akses Gerbang Tol (GT) Jatibening mengalami genangan sehingga kendaraan masuk dialihkan lewat GT Jatiwaringin/Pondok Gede. Kemudian genangan di lajur 1 sampai 2 di KM 19B.

Selain itu, lajur kiri GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta mengalami genangan, tetapi lajur kanan masih bisa digunakan. Sementara itu, seluruh lajur GT Cibitung 7 arah Jakarta mengalami genangan, tetapi lajur kanan bisa digunakan.

Di jalan tol Jakarta-Tangerang, Pihak Jasa Marga mengalihkan lalu lintas kendaraan dari arah Cikupa dan dikeluarkan di KM 19 Tangerang. Sementara itu, lajur 2 sampai lajur 4 di KM 24A sudah mulai bisa dilintasi setelah ditangani lewat pompa.

Di Jalan Tol JORR Pondok Ranji-Serpong, genangan terjadi di KM 8+600 Ruas BSD arah Serpong. PT Jasa Marga melakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) sehingga pengendara dialihkan ke Bintaro.

Lalu di Jalan Tol Jagorawi, genangan terjadi di KM 3+800. Saat ini, kondisi lajur 3 dan 4 sudah dapat dilintasi. Pihak Jasa Marga tengah berusaha menangani dengan memasang tanggul dan penggunaan pompa.

Terakhir, genangan terpantau di Jalan Tol Dalam Kota arah Tj Priok di KM 00+200 dekat SS Cawang. Saat ini, lajur Cawang dari Halim menuju Tj Priok mengalami genangan di lajur 2. Pihak Jasa Marga tengah melakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota.

Heru mengatakan, pihak Jasa Marga meminta maaf atas ketidaknyamanan pengendara akibat genangan di jalan tol tersebut.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini. Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas)," kata Heru.


Baca juga artikel terkait BANJIR JAKARTA 2021 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight