Daftar Peristiwa Bersejarah 10 Muharram: Ada Tobatnya Nabi Adam AS

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 26 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Peristiwa penting & bersejarah 10 Muharram: mulai dari diterimanya tobat Nabi Adam as hingga Nabi Isa as yag diangkat ke langit.
tirto.id - Bulan pertama kalender hijriah, Muharram memiliki banyak keutamaan dan banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan ini, sehingga membuat Muharram termasuk salah satu bulan yang istimewa.

KH M Djamaluddin Ahmad memberikan penjelasan tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Muharram, khususnya pada tanggal 10 Muharram atau dikenal dengan hari Assyura.

Peristiwa bersejarah tersebut ia sarikan dari Kitab Nazaatul Majalis Wa Muntakhobun Mawaidz karya Syekh Abdurahman Al-Sofuri dan Kitab Al-Nawadzir karya Syekh Sihabuddin bin Salamah Al-Qolyubi.

Seperti dikutip dari laman NU, tanggal 10 Muharram juga disebut hari Assyura karena diambil dari kata Al-Asyir, yang berarti ke-10.

Peristiwa Bersejarah 10 Muharram


Lalu apa saja peristiwa-peristiwa bersejarah pada tanggal 10 Muharram? Berikut penjelasannya:

1. Tobatnya Nabi Adam 'alaihissalam kepada Allah SWT atas dosa-dosanya.

Nabi Adam as, diampuni dan diterima taubatnya setelah memakan buah khuldi. Atas hal itu, NAbi Adam AS dihukum oleh Allah SAW dan diturunkan ke muka Bumi. Beliau kemudian menyadari kesalahannya dan bertaubat selama bertahun-tahun lamanya.

2. Nabi Idris 'alaihissalam diangkat ke tempat yang lebih tinggi.

Pada tanggal 10 Muharram, Nabi Idris as memperoleh derajat yang luhur, beliau dibawa ke langit oleh karena sifatnya yang selalu berbelas kasihan kepada sesamanya.

3. Nabi Musa 'alaihissalam dianugerahi kitab Taurat.

Saat berada di bukit Thursina (Sinai) dan beliau diselamatkan dari pasukan Fir`aun saat menyeberangi Laut Merah, Nabi Musa as beserta umatnya mendapat kemenangan dan keselamatan dari Allah SWT. Selain itu, Allah juga memberikan anugerah berupa kitab Taurat kepada Nabi Musa.

4. Nabi Ibrahim 'alaihissalam sebagai khalilullah atau kekasih Allah SWT.

Pada 10 Muharram, Nabi Ibrahim as dituduh menghancurkan berhala di tempat pemujaan Namrud dan dilemparkan ke dalam api yang menyala dan berkobar. Namun beliau terhindar dari siksaan raja Namrud atas seizin Allah SWT.

5. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh 'alaihissalam di bukit Zuhdi dengan selamat.

Nabi Nuh as turun dari perahu penyelamat bersama umatnya yang beriman, serta terhindar dari air bah dan taufan yang dasyat.


6. Nabi Yusuf 'alaihissalam dibebaskan dari penjara mesir karena fitnah.

Saat Nabi Yusuf as remaja, wajahnya yang sangat tampan telah membuat istri majikannya, Zulaikha terpikat, dan ia lalu membuat rencana untuk memperdaya dan menjerumuskan Nabi Yusuf As. ke dalam perbuatan zina.

Saat itulah beliau memohon pertolongan kepada Allah dari keburukan dan tipu-daya dan Allah SWT pun mengabulkan dengan memberikan pertolongan:

قَالَ رَبِّ السِّجۡنُ اَحَبُّ اِلَىَّ مِمَّا يَدۡعُوۡنَنِىۡۤ اِلَيۡهِ‌ۚ وَاِلَّا تَصۡرِفۡ عَنِّىۡ كَيۡدَهُنَّ اَصۡبُ اِلَيۡهِنَّ وَاَكُنۡ مِّنَ الۡجٰهِلِيۡنَ‏

"Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentu aku termasuk orang yang bodoh." (QS. Yusuf: 33).

7. Pertemuan Nabi Yakub 'alaihissalam dengan putranya Yusuf.

Berkumpulnya Nabi Yusuf dan Ya'qub setelah berpisah 40 tahun juga terjadi pada 10 Muharram. Pada waktu itu, Nabi Yakub juga mendapat anugerah lainnya, yakni disembuhkan dari kebutaan.

8. Nabi Yunus 'alaihissalam selamat dan berhasil keluar dari perut ikan.

Pada hari Asyura Allah SWT mengabulkan permohonan Nabi Yunus dengan menyelamatkan beliau dari perut ikan nun (jenis ikan yang sangat besar).

9. Kembalinya kerajaan Nabi Sulaiman 'alaihissalam.

Pada 10 Muharram Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman as di mana pada saat itu, Nabi Sulaiman pernah kehilangan kerajaannya.

Dikisahkan Nabi Sulaiman memerangi raja kafir dan anak perempuan dari raja kafir itu dinikahi. Karena istrinya selalu rindu kepada ayahnya, istrinya memohon kepada Nabi Sulaiman untuk dibuatkan patung yang menyerupai ayahnya.

Ternyata istri Nabi Sulaiman menyembah patung ayahnya di luar pengetahuan Nabi Sulaiman. Karena itulah istrinya kemudian diikuti oleh setan.

Suatu ketika pada saat berwudhu, Nabi Sulaiman memiliki cincin sakti yang tidak boleh dibawa ke kamar mandi, sehingga dititipkan kepada istrinya, ternyata itu bukan istrinya melainkan setan yang menyamar sebagai istri Nabi Sulaiman.

Oleh karena jimat Nabi Sulaiman adalah cincin, maka hilanglah sebagian kekuatannya.

10. Nabi Isa 'alaihissalam diangkat ke langit.

Allah mengangkat Nabi Isa as ke langit pada 10 Muharram di mana Allah telah menukarkan Nabi Isa as dengan Yahuza. Ini merupakan satu penghormatan kepada Nabi Isa as dari kekejaman kaum Bani Israil.


Baca juga artikel terkait PERISTIWA 10 MUHARRAM atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight