Piala AFF 2021

Daftar Pemain Timnas Indonesia di AFF 2021 & Jadwal Live RCTI-iNews

Kontributor: Beni Jo - 2 Des 2021 12:27 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Timnas Indonesia punya 30 daftar pemain untuk Piala AFF 2021. Jadwal Piala AFF 2021 bisa ditonton via siaran langsung RCTI & iNews, juga live RCTI+.
tirto.id - Timnas Indonesia sudah menyiapkan 30 daftar pemain untuk kejuaraan Piala AFF 2021, yang akan dihelat di Singapura mulai pekan depan. Hasil drawing Timnas Indonesia masuk dalam Grup B, bersama: Malaysia, Kamboja, Laos, serta sang juara bertahan Vietnam. Piala AFF 2021 dijadwalkan live di RCTI dan iNews, dengan penampilan perdana Tim Garuda pada Kamis (9/12/2021) mendatang di Stadion Bishan.

Mengacu daftar pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2021 yang sudah dirilis, Persebaya menjadi salah satu klub yang menyumbang pemain paling banyak untuk Tim Merah Putih. Tercatat 4 penggawa Bajul Ijo masuk dalam skuad timnas, yakni: Ernando Ari Sutaryadi (kiper), Rizky Ridho Ramadhani (bek), serta duo gelandang Ricky Richardo Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Di bawah mistar gawang, Ernando bakal bersaing dengan 3 kiper ternama lainnya, yakni: Muhamad Riyandi (Barito Putera), Nadeo Arga Winata (Bali United), dan Syahrul Trisna Fadillah (Persikabo).

Pada sektor pertahanan, persaingan sengit diprediksi terjadi antara sejumlah bek tengah. Setidaknya 2 pemain senior bisa menjadi opsi untuk mengisi posisi tersebut, yakni: Fachruddin Aryanto (Madura United) dan Victor Igbonefo (Persib).

Opsi lain bek tengah juga tersedia sejumlah penggawa lain, seperti: Ryuji Utomo Prabowo (Penang FC), Alfeandra Dewangga (PSIS), serta pemain yang tengah merumput di Inggris, Elkan Baggott (Ipswich Town). Sementara bek sayap berpeluang tetap diisi Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) dan Pratama Arhan (PSIS).

Untuk lini tengah, Evan Dimas diyakini masih tetap menjadi pilihan utama sebagai pengatur aliran bola. Lalu 2 penggawa yang bermain di Eropa, Witan Sulaeman (Lechia Gdanks) dan Egy Maulana Vikri (FK Senica) juga bisa mengisi slot gelandang pilihan pelatih Shin Tae-yong.

Namun demikian Ramai Rumakiek (Persipura) dan Kadek Agung (Bali United) juga dapat menjadi opsi lain untuk mengisi lapangan tengah.

Adapun untuk lini depan, coach Shin Tae-yong punya 4 pilihan bomber utama. Ezra Walian (Persib) bisa menjadi kandidat utama sebagai target man. Pilihan lain ada duo Arema, Kushedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan, ditambah penyerang milik Persikabo, Hanis Saghara Putra.



Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap skuad timnas kali ini dapat membawa pulang trofi Piala AFF untuk pertama kalinya ke Tanah Air.

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik. Mari kita doakan yang terbaik agar pemain timnas Indonesia bisa menjadi juara di Piala AFF kali ini," tutur Iriawan, seperti dikutip dari laman federasi.

Sesuai agenda, Indonesia akan tampil perdana pada Kamis, 9 Desember 2021. Laga perdana fase grup Indonesia vs Kamboja akan dihelat pukul 19.30 WIB di Stadion Bishan.

Masih di venue yang sama, Timnas akan kembali bertanding untuk laga kedua pada Minggu (12/12/2021). Kali ini lawan yang akan dihadapi adalah Laos.

Kemudian hari Rabu (15/12/2021), Evan Dimas dan kolega bakal terlibat bentrok dengan Vietnam, masih di Stadion Bishan.

Dan baru pada laga pamungkas fase grup, Indonesia vs Malaysia dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional Singapura, pada Minggu (19/12/2021).



Siaran Langsung Timnas Indonesia di RCTI & iNews

Pertandingan Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2021 dapat disaksikan via siaran langsung RCTI dan iNews, serta live streaming RCTI+. Penampilan pertama digelar Kamis (9/12/2021), dengan meladeni Timnas Kamboja di Stadion Bishan.

“Ayo dukung Pasukan Muda Garuda dan saksikan perjuangannya di ajang Piala AFF 2020. 5 Desember 2021 s.d 1 Januari 2022, Ekslusif hanya di RCTI, iNews dan Streaming kapanpun di manapun gratis di RCTI+ dan Vision+ serta MNC Vision, K-Vision, MNC Play dan Vision+TV,” tulis akun instagram resmi @officialrcti.


Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2021


Kamis, 9 Desember 2021
Indonesia vs Kamboja
Pukul 19.30 WIB di Stadion Bishan

Minggu, 12 Desember 2021
Laos vs Indonesia
Pukul 16.30 WIB di Stadion Bishan

Rabu, 15 Desember 2021
Indonesia vs Vietnam
Pukul 19.30 WIB di Stadion Bishan

Minggu, 19 Desember 2021
Malaysia vs Indonesia
Pukul 19.30 WIB di Stadion Nasional Singapura

Daftar Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2021

Kiper
1. Muhamad Riyandi, Barito Putera
2. Nadeo Arga Winata, Bali United
3. Ernando Ari Sutaryadi, Persebaya
4. Syahrul Trisna Fadillah, Tira Persikabo

Bek
5. Fachruddin Aryanto, Madura United
6. Victor Chukwuekezie Igbonefo, Persib
7. Ryuji Utomo Prabowo, Penang FC
8. Alfeandra Dewangga Santosa, PSIS
9. Elkan William Tio Baggott, Ipswich Town
10. Pratama Arhan Alif Rifai, PSIS
11. Moh. Edo Febriansah, Persita
12. Rizky Ridho Ramadhani, Persebaya
13. Rizky Dwi Febrianto, Arema FC
14. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners
15. Marckho Sandi Merauje, Borneo FC

Gelandang
16. Evan Dimas Darmono, Bhayangkara FC
17. I Kadek Agung Widnyana Putra, Bali United
18. Rachmat Irianto, Persebaya
19. Ahmad Agung Setia Budi, Persik Kediri
20. Ricky Richardo Kambuaya, Persebaya
21. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Tazim
22. Irfan Samaling Kumi, PSS Sleman
23. Ramai Melvin Rumakiek, Persipura
24. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks
25. Egy Maulana Vikri, FK Senica
26. Yabes Roni Malaifani, Bali United

Depan
27. Kushedya Hari Yudo, Arema FC
28. Dedik Setiawan, Arema FC
29. Hanis Saghara Putra, Tira Persikabo
30. Ezra Harm Ruud Walian, Persib

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Oryza Aditama

DarkLight