Daftar Operator Uji Coba 5G Tahun 2018

Oleh: Ibnu Azis - 9 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Snapdragon X50 5G telah dipilih untuk digunakan dalam uji coba 5G NR oleh 18 operator global.
tirto.id - Qualcomm baru saja mengumumkan modem Snapdragon X50 5G telah dipilih untuk digunakan dalam uji coba 5G NR oleh beberapa operator telekomunikasi global. Uji coba ini akan berjalan di pita spektrum 6 GHz dan milimeter (mmWave) pada tahun 2018.

Pengujian ini akan menggunakan platform uji coba 5G milik Qualcomm di smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon X50 dan mengoptimalkan teknologi 5G.

18 operator global yang siap uji coba teknologi 5G pada tahun ini antara lain sebagai berikut:

Operator Negara
AT&T Amerika Serikat
British Telecom Inggris
China Telecom Cina
China Mobile Cina
China Unicom Cina
Deutsche Telekom Jerman
KDDI Jepang
KT Corporation Korea Selatan
LG Uplu Korea Selatan
NTT DOCOMO Jepang
Orange Inggris
Singtel Singapura
SK Telecom Korea Selatan
Sprint Amerika Serikat
Telstra Australia
TIM Italia
Verizon Amerika Serikat
Vodafone Group Inggris

Sebelumnya, sejumlah vendor telah menyatakan siap untuk pasarkan teknologi 5G di tahun 2019. Pada keterangan resmi terpisah, Qualcomm mengumumkan jika 18 vendor memilih Snapdragon X50 sebagai chipset di perangkat mereka.

Qualcomm konsisten di industri mobile dengan produk chipset mereka yang mendukung ekosistem teknologi 5G. Rencananya, Qualcomm akan melakukan demonstrasi di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada akhir bulan Februari nanti.

Pada uji coba itu, Qualcomm akan mendemonstrasikan kinerja Snapdragon X50 yang mampu mencapai kecepatan download mencapai gigabita per detik. Upaya ini untuk menyoroti pengalaman pengguna ketika teknologi 5G telah terealisasi.

Cristiano Amon, Presiden Qualcomm Incorporated mengatakan, tahun 2018 adalah momentum penting bagi Qualcomm dan industri mobile secara keseluruhan. Ini dibuktikan perusahaan lewat kemitraan dengan operator global.

"Uji coba ini menunjukkan bagaimana kami bersama operator global bekerja untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi di industri mobile serta mewujudkan 5G menjadi kenyataan," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Tirto, Jumat (9/2/2018).

Uji coba tersebut rencananya akan dimulai pada tahun 2018 dan akan memanfaatkan spektrum pada pita gelombang 6 GHz dan milimeter (mmWave). Selepas masa uji coba itu diharapkan para vendor dapat segera mengumumkan smartphone yang menggunakan Snapdragon X50 pada paruh pertama 2019.

Hadirnya teknologi 5G membawa sejumlah peningkatan pada perangkat yang membutuhkan konektivitas stabil dan konsisten. Pada smartphone semisal, konektivitas 5G akan membuat pengguna bisa browsing lebih cepat, download dengan kecepatan tinggi, panggilan video berkualitas lebih baik, atau menikmati streaming video kualitas UHD.


Baca juga artikel terkait OPERATOR TELEKOMUNIKASI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight