Daftar Makanan Khas Arab Untuk Sajian Saat Idul Adha 1442 Hijriyah

Oleh: Endah Murniaseh - 19 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Daftar makanan dan minuman khas Arab sebagai rekomendasi sajian di Hari Raya Idul Adha.
tirto.id - Hari Raya Idul Adha menjadi momen berharga untuk berkumpul bersama keluarga setelah sebelumnya sibuk dengan aktivitas masing-masing. Perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah yang bertepatan dengan pelaksanaan PPKM Darurat karena pandemi COVID-19 membuat pemerintah menyarankan segala aktivitas dilakukan di rumah.

Berkumpul bersama keluarga di rumah tidak lengkap rasanya tanpa adanya menu makanan serta minuman. Berikut adalah daftar makanan serta minuman khas Arab yang dapat menjadi rekomendasi sajian di Hari Raya Idul Adha seperti dilansir Independent dan Cooking Fun.

  • Biriyani
Biriyani merupakan nasi yang sangat populer di Asia Selatan, biasa dihidangkan bersama sayuran, daging kambing, rempah-rempah dan rempah aromatik. Biriyani biasa dihidangkan dengan menu lain seperti Semur, Tgaine, dan Kari.

  • Korma
Terkenal di India, makanan ini dibuat dengan sayur ataupun daging yang telah direbus dengan krim atau yoghurt, air kaldu, dan rempah-rempah yang dimasak hingga saus mengental.

  • Maqluba
Merupakan jenis kue yang terkenal di negara Timur Tengah dan terdiri dari sayuran goreng, daging, dan nasi yang dimasak bersama dalam panci dan dibalik untuk disajikan. Kue ini memiliki cita rasa yang gurih.

  • Tufahije
Terkenal di Bosnia, Tufahije terbuat dari apel yang direbus dalam air gula. Biasa disajikan dalam gelas besar, camilan ini disajikan dengan kacang serta topping es krim kocok atau crème fraiche.

  • Sheer Khurma
Juga dikenal dengan nama susu kurma, makanan penutup ini terkenal di Mughlai. Sheer Khurma terbuat bihun, susu, gula, kurma, dan buah kering.

Hidangan ini dibuat dengan memasak bihun ke dalam susu sampai lunak dan mengental. Lalu ditambahkan buah kering di atas hidangan.

  • Maamoul
Merupakan jenis kue mentega dan short bread yang terkenal di Lebanon. Maamoul biasa diisi dengan kenari, pistachio, gula, serta air mawar.

  • Mutton Tawa Roast
Merupakan olahan daging kambing ataupun sapi yang bercita rasa lezat dan memiliki aroma yang menggoda. Mutton Tawa Roast dimasak dengan bumbu jagung lada hitam, biji jinten, dan ketumbar.

  • Chicken Roast
Olahan ayam ini merupakan menu yang sering ditemui dalam acara keluarga. Untuk mendapatkan Chicken Roast dengan rasa yang lezat, baluri ayam dengan bumbu seperti jahe, bawang putih, dan cabai hijau selama 1 hari.

  • Malai Boti
Merupakan makanan berbahan dasar ayam yang kemudian dipanggang. Malai Boti biasa dimasak dengan proses marinasi sebanyak dua kali.

Marinasi pertama dengan perasan air lemon dan rempah-rempah. Serta marinasi kedua menggunakan krim segar, serta rempah lainnya. Untuk mendapatkan Malai Boti yang kaya rasa, ayam dapat yang telah dimarinasi dapat disimpan selama 24 jam

  • Dahi Vada
Merupakan makanan yang terkenal di India. Dahi Vada merupakan jenis gorengan yang disajikan dengan cara direndam dengan yogurt. Untuk mempercantik tampilan serta rasa, Dahi Vada ditaburi bubuk jinten, bubuk cabai merah ataupun chaat masala.

  • Imli Chutney
Juga dikenal dengan Tamarind Chutney, Imli Chutney merupakan mimuman berbahan dasar asam yang memiliki rasa manis serta masam. Imli Chutney biasa disajikan dengan Samosa, Kachori, atau Pakoda.

  • Haleem
Merupakan makanan yang berbahan dasar daging dan kacang tumbuk yang dimasak. Haleem biasa dihidangkan dengan bawang goring dan cabai.

  • Sawiyon Ka Muzafir
Merupakan olahan Bihun yang dimasak dengan sirup gula ataupun susu. Sawiyon Ka Muzafir biasa dihias dengan kacang almond.


Baca juga artikel terkait IDUL ADHA 2021 atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight