Daftar Jus Buah yang Bisa Meningkatkan Kadar Hemoglobin atau HB

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 23 Jan 2023 08:36 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftar buah yang bisa dijadikan jus untuk meningkatkan hemoglobin tubuh di antaranya semangka hingga kurma.
tirto.id - Hemoglobin adalah jenis protein tetrametrik eritrosit yang sangat diperlukan tubuh dalam mengikat senyawa porfirin besi. Zat ini memiliki tugas vital untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Oksigen diperlukan salah satunya agar sel tubuh tetap hidup dan membantu proses metabolisme.

Sebaliknya, hemoglobin turut mengangkut karbondioksida yang dihasilkan sel untuk dibuang ke luar tubuh. Zat ini dibawa menuju paru-paru, lalu dikeluarkan melalui hembusan napas.

Kadar hemoglobin harus tetap dijaga pada ambang batasnya. Menurut Mayo Clinic, kadar hemoglobin terendah untuk pria yaitu 13,5 gram per desiliter darah. Lalu, perempuan sebaiknya memiliki kadar hemoglobin tidak lebih rendah dari 12 gram per desiliter darah.


Jika sampai kekurangan hemoglobin, seseorang dapat mengalami penyakit kekurangan darah (anemia). Beberapa efek lain yang ditimbulkan yaitu defisiensi zat besi, masalah dalam kehamilan, gangguan pada liver, dan risiko infeksi saluran kemih.

Saat hemoglobin kurang, maka seseorang mungkin memerlukan asupan zat besi dan folat yang dapat diperoleh dari makanan dan atau suplemen. Zat besi diperlukan untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Sementara folat bisa membantu produksi heme yang merupakan komponen hemoglobin untuk membantu mengikat oksigen.

Daftar buah yang bisa dijadikan untuk meningkatkan hemoglobin tubuh



Di balik banyaknya ragam buah-buahan, sebagian darinya memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk meningkatkan hemoglobin. Berikut adalah daftar buah yang bisa dijadikan jus untuk menyukupi asupan nutrisi yang diperlukan dalam produksi hemoglobin:

1. Buah yang kaya vitamin C

Vitamin C diperlukan dalam proses penyerapan zat besi. Oleh sebab itu, jika nutrisi ini dipenuhi, maka penyerapan zat besi dapat berjalan optimal. Beberapa pilihannya adalah jeruk, lemon, paprika, tomat, anggur, dan keluarga berry seperti stroberi.

2. Buah kaya folat


Makanan dengan folat tinggi umumnya ditemukan pada sayuran hingga makanan hewani seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, dan hati. Tetapi untuk jenis buah, folat dalam kadar tinggi ditemukan pada pisang.

3. Delima

Delima adalah buah yang kaya dengan kalsium dan zat besi. Di sana juga ditemukan protein, karbohidrat, dan serat. Mengonsumsi jus delima secara rutin membantu menstabilkan kadar hemoglobin dalam darah.

4. Kurma

Mengutip laman NDTV, di balik manisnya kurma ditemukan sumber zat besi yang berguna meningkatkan hemoglobin. Namun, bagi penderita diabetes sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsinya atau konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

5. Buah bit

Buah bit sebenarnya jenis umbi. Dalam bit terdapat paket lengkap zat besi dan flat, ditambah pula dengan potasium serta serat. Mengonsumsi jus bit turut membantu meningkatkan level hemoglobin.

6. Semangka

Semangka memiliki paket peningkat hemoglobin dengan kadar zat besi dan vitamin C yang dikandungnya. Zat besi menjadi mudah terserap berkat bantuan vitamin C.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight