Badminton

Daftar Juara BWF World Championship: Indonesia Berapa Gelar?

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 8 Agu 2022 10:22 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Indonesia ada di peringkat berapa dalam daftar juara badminton BWF World Championship?
tirto.id - Daftar juara BWF World Championship terbanyak untuk medali emas masih dipimpin oleh Cina dengan 67 gelar juara di 5 nomor berbeda. Sementara Indonesia tercatat memiliki 23 gelar juara atau berada di urutan 2 negara dengan gelar badminton BWF World Championship paling banyak.

Selain meraih 67 gelar juara BWF World Championship, Cina juga tercatat 47 kali meraih medali perak serta 77 medali perunggu atau menjadi semifinalis. Sektor yang paling banyak diraih oleh Cina adalah nomor ganda putri dengan 21 gelar juara.

Sementara atlet yang paling banyak meraih medali emas BWF World Championship adalah Lin Dan (Cina) di nomor tunggal putra, Zhao Yunlei (Cina) di nomor ganda putri, serta Park Joo-boong (Korea Selatan) di ganda putra dan ganda campuran. Mereka sama-sama mengoleksi 5 gelar juara.

Di BWF World Championship edisi 2021, Loh Kean Yew (Singapura) menjadi juara tunggal putra, Akane Yamaguchi (Jepang) menjuarai nomor tunggal putri, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) juara ganda putra, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (Cina) juara ganda putri, dan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) juara ganda campuran.

Indonesia tidak mengirim wakil dalam BWF World Championship 2021 yang berlangsung di Huelva. Spanyol, karena pandemi COVID-19 yang terjadi saat itu.


Jumlah Gelar Juara Indonesia di BWF World Championship

Sejak dihelat pada 1977, Indonesia tercatat 23 kali meraih gelar juara BWF World Championship. Selain itu, dalam turnamen yang semula bernama IBF World Championship tersebut kontingen Merah-Putih 18 kali menjadi runner up (medali perak) dan 77 kali meraih medali perunggu.

Indonesia menjadi negara paling sukses nomor 2 di ajang BWF World Championship dengan total 77 medali, di bawah Cina yang memiliki 191 medali. Sementara atlet Indonesia yang paling banyak meraih gelar juara adalah Hendra Setiawan (ganda putra) dan Liliyana Natsir (ganda campuran) dengan masing-masing meraih 4 gelar juara.

Hendra Setiawan meraih 4 gelar juara di nomor ganda putra BWF World Championship dengan 2 pasangan berbeda. Pemain yang kini berusia 37 tahun tersebut pertama kali menjadi juara bersama Markis Kido pada 2007 kemudian dengan Mohammad Ahsan pada 2013, 2015, dan 2019.

Hendra Setiawan berpeluang untuk menambah koleksi gelar BWF World Championship andai mampu menjadi juara di tahun 2022. Jika hal tersebut bisa dilakukan, dia bakal menyamai pencapaian Lin Dan, Zhao Yunlei, dan Park Joo-boong, sebagai pemain dengan gelar juara terbanyak yakni 5.

Ganda putra juga menjadi andalan Indonesia di BWF World Championship 2022. Selain karena prestasi yang stabil dalam beberapa event terakhir, nomor ganda putra juga menjadi yang paling banyak menyumbang medali untuk kontingen Merah-Putih di ajang tersebut.

Total, Indonesia sudah meraih 10 gelar juara BWF World Championship di nomor ganda putra atau menjadi yang paling banyak. Sementara nomor ganda putri menjadi satu-satunya nomor yang belum pernah dimenangi oleh Indonesia.

Selain ganda putra, Indonesia juga mengandalkan nomor tunggal putra untuk meraih gelar juara. Di nomor tersebut Indonesia tercatat 6 kali menjadi juara BWF World Championship melalui Rudy Hartono (1980), Icuk Sugiarto (1983), Joko Supriyanto (1993), Hariyanto Arbi (1995), Hendrawan (2001), dan Taufik Hidayat (2005).


Daftar Negara Peraih Gelar Juara Terbanyak di BWF World Championship

Sejak digelar pada tahu 1977, atlet-atlet dari 11 negara pernah menjuarai BWF World Championship di antaranya sebagai berikut:

  1. Cina (67 kali juara)
  2. Indonesia (23 kali juara)
  3. Denmark (10,5 kali juara)
  4. Korea Selatan (10 kali juara)
  5. Jepang (8 kali juara)
  6. Spanyol (3 kali juara)
  7. Inggris (2,5 kali juara)
  8. Thailand (2 kali juara)
  9. India (1 kali juara)
  10. Swedia (1 kali juara)
  11. Singapura (1 kali juara)
  12. Amerika Serikat (1 kali juara)

Baca juga artikel terkait BWF WORLD CHAMPIONSHIP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight