Daftar Fitur Menarik di WatchOS 7 Bagi Pengguna Apple Watch

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 14 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah aplikasi menarik bisa diakses pengguna Apple Watch yang sudah memakai WatchOS 7.
tirto.id - Di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020, Apple memperkenalkan WatchOS 7, perangkat lunak terbaru yang berjalan di Apple Watch. Sejumlah peningkatan performa dilakukan Apple di pembaruan sistem operasi ini.

Misalnya, di fitur kesehatan dan kebugaran (fitness). Di fitur kesehatan, perangkat bisa mendeteksi kualitas tidur, mengingatkan durasi cuci tangan yang benar dan melindungi pendengaran pengguna yang gemar memakai headphone.

Apple juga menghadirkan aplikasi Fitnness yang merupakan rebranding dari aplikasi Activity. Fitur ini memberikan lebih banyak opsi workout dan penghitungan kalori yang lebih cermat.

WatchOS 7 sudah hadir dalam versi beta pengembang lewat pendaftaran melalui program Apple Developer pada 22 Juni 2020. Sedangkan versi publik dari watchOS 7 diharapkan akan meluncur berbarengan dengan iOS 14 untuk iPhone pada musim gugur tahun ini.

Sebagaimana dilansir situs resmi Apple, Selasa (7/14/2020), WatchOS 7 kompatibel dengan ponsel iPhone 6s ke atas yang memakai iOS 14 ke atas dan Apple Watch model Series 3, Series 4, Series 5. Sebagai catatan, Apple mengatakan tidak semua fitur tersedia di semua piranti.

Berikut daftar sejumlah aplikasi menarik yang dihadirkan WatchOS 7 bagi pengguna Apple Watch.

1. Aplikasi Pelacak Tidur

Lewat aplikasi Sleep di Apple Watch dengan WatchOS 7, piranti ini mampu melacak seberapa lama waktu tidur dan seberapa baik kualitas tidur pengguna.

Aplikasi tersebut juga akan membantu pengguna menyiapkan rutinitas tidur dengan menjalankan sejumlah shortcut yang bisa membantu pengguna merasa lebih santai, seperti membuka aplikasi meditasi atau meredupkan cahaya.

Untuk melakukan pelacakan tidur, pengguna disarankan agar baterai di piranti memiliki setidaknya 30 persen daya.

2. Aplikasi Fitness

Bagi penggemar olahraga, peningkatan performa aplikasi fitness di perangkat Apple Watch dapat berguna. Pasalnya, Apple telah menambahkan pelacak metrik kebugaran (fitness) untuk 4 latihan baru yakni Dance, Functional Strength Training, Core Training, dan Cooldown. Penghitungan kalori di aplikasi ini juga diklaim lebih akurat.

Dikutip dari Cnet, di WatchOS 7, Apple tampak melakukan rebranding. Apabila sebelumnya aplikasi yang dimaksud bernama Activity, di OS terbaru ini namanya menjadi Fitness. Apple menghadirkan pula Maps (peta) yang dikhusukan bagi pesepeda.

3. Aplikasi Cuci Tangan

Di masa pandemi corona, saat kebiasaan cuci tangan merupakan langkah penting buat mencegah penularan Covid-19, aplikasi yang dihadirkan WatchOS 7 ini akan menjadi pengingat yang sangat berguna.

Di WatchOS7, Apple Watch akan secara otomatis mendeteksi saat pengguna mulai cuci tangan dan timer otomatis dimulai hingga berjalan selama 20 detik. Ketika perangkat mendeteksi pengguna berhenti mencuci tangan sebelum waktu tersebut, ia akan memberi peringatan untuk melanjutkan cuci tangan hingga mencapai durasi 20 detik.

4. Update Siri

Pembaruan Siri di Apple Watch membuat fitur ini bekerja lebih cepat. Pengguna bisa menjalankan shortcut (jalan pintas) yang sudah dibuat di iPhone. Pengguna bahkan bisa menambahkan shortcut ini di tampilan muka jam tangan.

5. Aplikasi untuk Pendengaran

Untuk melindungi pendengaran pengguna, aplikasi Noise dikenalkan Apple di WatchOS 6. Adapun di WatchOS 7, aplikasi tersebut memberikan kontrol yang lebih banyak. Fitur ini akan memberikan notifikasi untuk menurunkan volume headphone saat pengguna telah mencapai level mendengar selama seminggu. Notifikasi penurunan volume itu sesuai dengan rekomendasi WHO (World Health Organization).


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Addi M Idhom
DarkLight