Daftar Fitur iOS 14 dari Apple yang akan Segera Dirilis

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Daftar fitur iOS 14 dari Apple yang akan segera dirilis: mulai dari electric vehicle routing hingga Apps Clips.
tirto.id - Apple akan merilis iOS 14 pada musim gugur tahun ini, hal tersebut seperti dilansir dari website resmi apple.com. Ada cukup banyak fitur baru dan update yang akan disediakan.

Widget untuk iOS 14 didesain ulang, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan aplikasi dengan sortir berdasarkan kategori atau intensitas penggunaan aplikasi. Selain itu, pengguna juga dapat membuka aplikasi lain sembari menonton video atau Facetime.

Dalam berkirim pesan, pengguna dapat menyematkan hingga 9 percakapan penting, mention, pesan in-line dalam percakapan grup, serta menambahkan foto/emoji.

Terdapat fitur baru dalam maps di sistem operasi terbaru ini, seperti cycling direction untuk menunjukkan rute atau jalur sepeda yang tepat, pengguna juga dapat melihat jalan yang macet, tangga, jalan yang curam dan terjal ataupun tanjakan melalui iPhone pengguna.

Fitur iOS 14


1. Fitur electric vehicle routing khusus untuk pengguna kendaraan listrik, di mana maps dapat menemukan charging station, melacak muatan listrik kendaraan, dan tipe charging station yang cocok untuk mobil.

Apple maps pun dapat merekomendasikan tempat untuk belanja, kulineran, dan penjelajahan, kemudian akan dapat terupdate secara otomatis bila ada tempat baru yang bagus.

2. Conversation mode, yaitu dapat menerjemahkan setiap ucapan pengguna lewat microfon yang ditunjukkan dengan hasil terjemahan transkrip teks atau audio.

Penerjemahan ini menggunakan on-device machine learning dan apple neural engine yang sangat kuat untuk memungkinkan merekam suara percakapan secara natural.

3. On-device mode, di mana Pengguna dapat gunakan semua fitur aplikasi untuk bahasa-bahasa yang diunduh serta merahasiakan hasil terjemahan secara offline tanpa perlu mematikan koneksi internet.

Kemudian menyimpan hasil maupun riwayat terjemahan dan frasa ke fitur favorite, hingga memperbesar teks hasil terjemahan secara landscape.

Pengguna iPhone pasti tahu apa itu Siri, AI yang dikembangkan oleh Apple untuk memudahkan pengguna dalam kehidupan sehari hari.

Apple juga telah mengembangkan rancangan baru untuk AI ini, Siri juga lebih knowledgeable pada iOS 14.

4. Web answer membuat Siri dapat membantu pengguna untuk menemukan jawaban atas serangkaian pertanyaan yang lebih luas dengan menggunakan informasi dari seluruh web.

Namun, fitur ini hanya akan tersedia di Amerika Serikat, Inggris Kanada, India dan Australia. Pengguna juga dapat mengirim pesan audio melalui Siri.

Saluran pengetahuan yang lebih besar menjawab Siri sekarang dapat membantu untuk menemukan jawaban atas serangkaian pertanyaan yang lebih luas dengan menggunakan informasi dari seluruh Web.

Apple juga mengupdate beberapa fitur baru pada Home App untuk mendukung smart home dalam rumah, yaitu suggested automations, home status, dan adaptive lighting di mana pengguna dapat mengubah warna temperatur sepanjang hari, atau secara otomatis dapat menyesuaikan warna suhu untuk memaksimalkan kenyamanan.


5. Activity zone, di mana fitur ini dapat mendefinisikan zona aktivitas paling penting berdasarkan yang dilihat oleh kamera, sehingga pengguna dapat diperingatkan jika ada gerakan di zona yang telah ditetapkan.

6. Face recognition, yaitu fitur di mana iPhone anda dapat mengidentifikasi orang orang yang telah ditandai dalam aplikasi tersebut, dan akan ada notifikasi jika ada yang datang berdasarkan seseorang yang telah ditandai.

7. Translation Safari untuk menerjemahkan website dalam tujuh bahasa yang berbeda (bahasa inggris, spanyol, cina, prancis, jerman, rusia, dan portugis brasil), tetapi itur ini hanya akan tersedia di AS dan Kanada.

Performa safari juga dipercepat, Apple mengklaim browser ini akan dua kali lebih cepat dibandingkan Chrome di Android.

Untuk keamanan Safari menyediakan fitur password monitoring di mana Safari akan memonitor untuk menjamin sandi aman dalam kebocoran data dengan teknik kriptografi yang kuat untuk memeriksa derivasi sandi anda secara rutin.

Pengguna juga dapat menekan privacy report untuk lebih memahami bagaimana situs web memperlakukan privasi pengguna.

8. Car keys and CarPlay, dengan fitur ini pengguna dapat menyimpan kunci mobil digital dalam Wallet App sehingga jika lupa menaruh fisik kunci mobil, tinggal dekatkan iPhone ke pintu mobil untuk membuka dan menaruh iPhone ke wireless charger untuk menghidupkan mobil.

Pengguna juga dapat membagi kunci kepada orang yang dapat dipercaya secara temporer atau permanen dengan menyesuaikan dan membuat profil yang terbatas.

Selain itu, pengguna dapat memilih wallpaper untuk mempercantik mobilnya. CarPlay juga mendukung jenis aplikasi baru-parkir, mengisi daya kendaraan listrik, dan memesan makanan cepat saji.

9. App Clips untuk mempermudah pengguna dalam melakukan beberapa hal penting contohnya seperti menyewa sepeda, membayar parkir, dan memesan makanan.

Mengutip keterangan dari website resmi Apple, developer preview iOS14 telah tersedia bagi anggota Apple Developer Program melalui website developer.apple.com.

Public Beta iOS14 akan tersedia bagi pengguna iOS bulan depan dengan mengunjungi beta.apple.com.

Kemudian pada musim gugur tahun ini, fitur software baru tersebut akan tersedia updatenya secara gratis untuk iPhone 6 ke atas.

Namun perlu dicatat, akan ada beberapa fitur yang hanya akan terbatas pada wilayah dan bahasa tertentu.




Baca juga artikel terkait FITUR IOS 14 atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight