Daftar Bintang Muda Bayern Munchen: Dari Davies Sampai Coman

Oleh: Wan Faizal - 25 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Kingsley Coman menjadi satu dari sejumlah bintang muda Bayern Munchen.
tirto.id - Bayern Munchen baru saja merengkuh gelar juara Liga Champions 2019/2020 usai mengalahkan PSG dengan skor 1-0 di final berkat gol tunggal Kingsley Coman. Coman menjadi satu dari sejumlah bintang muda Die Roten sekaligus pertanda bagus bagi masa depan tim.

Rata-rata usia skuad utama Bayern Munich musim ini adalah 26 tahun. Pemain tertua adalah sang kiper sekaligus kapten tim, Manuel Neuer, yang berusia 34 tahun. Sedangkan anggota termuda adalah Alphonso Davies yang masih berumur 19 tahun.

Masih terdapat beberapa Bayern Munchen lainnya yang juga masih berusia relatif muda dan punya potensi besar untuk menjadi tulang punggung pasukan Bavaria di masa mendatang.

Alphonso Davies, 19 tahun

Pemain yang bisa dikatakan paling bersinar di skuad Die Roten saat ini. Berubah posisi dari pemain sayap kiri menjadi bek kiri ternyata tak menurunkan kualitas Alphonso Davies. Kelincahan dan kecepatan pemain tim nasional Kanada kerap merepotkan lini pertahanan lawan.

Anggapan bahwa Alphonso Davies adalah salah satu bek kiri terbaik dunia saat ini tidak terlalu berlebihan. Menurut data Whoscored, Alphonso Davies telah bermain di 40 pertandingan Bayern Munchen di sepanjang musim 2019/2020 dengan koleksi 3 gol dan 8 assist.

Performa individunya pun tak kalah ciamik. Alphonso mampu mematikan Lionel Messi saat Bayern Munchen membantai Barcelona dengan skor 8-2 di perempat final UCL 2019/2020 lalu.

Menilik performanya yang ciamik ditopang dengan usianya yang masih muda, Alphonso Davies kemungkinan besar akan dipertahankan oleh Bayern Munchen.

Terlebih, David Alaba sudah mampu memainkan peran yang baik sebagai bek tengah sehingga Alphonso Davies bakal menjadi sosok tak tergantikan bagi Bayern Munchen di sektor bek kiri untuk beberapa tahun ke depan.

Joshua Zirkzee, 19 tahun

Striker muda asal Belanda ini tampil bagus ketika dipercaya pelatih Hansi Flick untuk bermain. Bahkan, ketika Robert Lewandowski absen di laga kontra Borussia Monchengladbach di Liga Jerman musim lalu, Zirkzee sebagai pelapis mampu melesakkan gol.

Total empat gol yang dicetak Zirkzee musim ini bagi Bayern Munchen, baik di Liga Jerman maupun Liga Champions. Dengan hanya bermain selama 299 menit, itu artinya Zirkzee sanggup mencetak satu gol setiap 75 menit.

Masa depannya di skuad Die Roten masih panjang dan akan menjadi aset berharga jika terus dipertahannya. Apalagi, usia Lewandowski sudah memasuki umur 32 tahun. Bayern Munchen tentunya butuh regenerasi untuk menyegarkan lini depannya.


Michael Cuisance, 21 tahun

Didatangkan dari Gladbach, Cuisance agak kesulitan menembus ketatnya skuad utama Bayern Munchen. Meski dilabeli sebagai salah satu pemain muda berbakat, gelandang kelahiran Perancis ini hanya bermain di 9 laga Bundesliga dalam 303 menit dan mencetak satu gol.

Cuisance musim ini tercatat belum pernah bermain di Liga Champions. Sedangkan di DFB Pokal, ia hanya bermain sekali, itu pun sebagai pemain pengganti. Musim ini, Cuisance juga sempat diberi menit bermain di tim Bayern Munchen II dengan catatan dua gol dari lima laga.

Kendati begitu, potensi yang dimiliki jebolan akademi sepak bola Nancy ini cukup menjanjikan. Jika mendapatkan kesempatan lebih banyak, bukan tidak mungkin Cuisance akan menjadi salah satu tulang punggung Die Roten di masa mendatang.

Bintang Muda Bayern Munchen Lainnya

Selain ketiga nama tersebut, Bayern Munchen masih punya Lucas Hernandez dan Benjamin Pavard. Keduanya masih berusia 24 tahun dan turut meraih trofi Piala Dunia 2018 bersama Timnas Perancis.

Jangan lupakan juga sosok Kingsley Coman, winger 24 tahun yang menjadi pahlawan Bayern Munchen di final Liga Champions 2020.

Ada pula Niklas Sule, bek muda yang juga masih berumur 24 tahun. Baru sembuh dari cedera panjang, bisa bermain meyakinkan menggantikan Jerome Boateng di laga puncak UCL lalu.

Berikutnya ada nama Joshua Kimmich yang digadang-gadang sebagai kapten masa depan Bayern Munchen. Bisa bermain sebagai bek kanan, bek tengah, atau gelandang bertahan, pemain 25 tahun ini benar-benar menjadi harta tak ternilai bagi Die Roten.

Selain sederet nama di atas, patut diingat bahwa Bayern masih punya Serge Gnabry (25 tahun), Leon Goretzka (25 tahun), dan Corentin Tolisso (26 tahun) yang peranannya bagi tim sudah tak perlu diperdebatkan lagi.

Baca juga artikel terkait BAYERN MUNCHEN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight