Daftar Anggota Wantimpres 2019-2024 dan Alasan Jokowi Pilih Mereka

Oleh: Addi M Idhom - 13 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi menunjuk sejumlah 9 tokoh menjadi anggota Wantimpres 2019-2024. Selain Wiranto dan sejumlah politikus, di jajaran Wantimpres baru itu ada nama Habib Lutfi bin Yahya dan Dato Sri Tahir.
tirto.id - Sembilan anggota Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) periode 2019-2024 telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Jumat (13/12/2019).

Penunjukan 9 anggota Wantimpres tersebut didasari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 137/P/2019 tentang Pengangkatan Dalam Keanggotaan Dewan Pertimbangan Presiden. Jokowi menunjuk mantan Menkopolhukam Wiranto sebagai Ketua Wantimpres.

Adapun daftar nama sembilan anggota Wantimpres periode 2019-2024 tersebut adalah:

1. Wiranto
2. Agung Laksono (Politikus Golkar)
3. Arifin Panigoro (Pengusaha/Pendiri Medco Group)
4. Soekarwo (Eks Gubernur Jatim/Mantan politikus Demokrat/Komisaris Utama PT Semen Indonesia)
5. Sidarto Danusubroto (Politikus PDIP)
6. Mardiono Bakar (Politikus PPP)
7. Dato Sri Tahir (Pengusaha/Pendiri Mayapada Group)
8. Putri Kuswinu Wardani (Pengusaha/Komisaris Utama PT Mustika Ratu)
9. Habib Lutfi bin Yahya (Ulama/Rais ‘Aam Idaroh Aliyah Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah).

Berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden, Wantimpres bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden. Periode jabatan Wantimpres berakhir bersamaan dengan selesainya masa jabatan Presiden atau karena diberhentikan oleh Presiden.


Alasan Jokowi Pilih 9 Anggota Wantimpres 2019-2024

Setelah resmi melantik sembilan anggota Wantimpres 2019-2024, Jokowi mengungkapkan alasannya menunjuk sejumlah tokoh tersebut.

Dia mengklaim pemilihan sembilan tokoh yang masuk dalam jajaran Wantimpres periode 2019-2024 didasari oleh sejumlah pertimbangan, yakni rekam jejak, kapabilitas dan integritas.

“Saya kira beliau-beliau ini ya, memiliki kapasitas untuk memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presiden, baik diminta maupun tidak diminta. Saya kira beliau-beliau memiliki kapasitas yang baik,” kata Jokowi kepada para wartawan di Istana Negara, sebagaimana dilansir laman Setkab.

Pemilihan sembilan anggota Wantimpres 2019-2024 juga dilandasi pertimbangan terkait pengalaman setiap tokoh di bidang masing-masing.

Jokowi mencontohkan Habib Lutfi bin Yahya memiliki pengalaman luas di bidang sosial dan keagamaan. Demikian pula Dato Sri Tahir dan dua pengusaha lain yang berpengalaman di bidang ekonomi.

Selain itu, Jokowi pun menilai Wiranto layak menjadi Ketua Wantimpres karena eks Menkopolhukam itu memiliki pengalaman panjang di pemerintahan dan TNI.

“Saya kira itu, menangani banyak masalah. Ini kan memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presiden,” tambah Jokowi.


Baca juga artikel terkait WANTIMPRES atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight