tirto.id - VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, terdapat 42 perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dari dan menuju Jakarta yang terpaksa dibatalkan pada hari ini, Senin (22/2/2021) karena dampak banjir di Jabodetabek.
Sebelumnya, cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah tersebut, pada Sabtu (20/2/2021), mengakibatkan banjir serta meluapnya sungai yang menyebabkan pondasi jalur kereta api tergerus oleh derasnya arus banjir.
Menurut Joni hingga saat ini jalur kereta masih dalam perbaikan oleh petugas akibat pondasinya yang tergerus banjir.
"Saat ini kondisi jalur masih belum aman untuk dilalui KA, sehingga perjalanan KA yang melalui jalur lintas Kedunggedeh - Lemahabang pada keberangkatan tanggal 22 Februari belum dapat dioperasikan," ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (22/2/2021).
Daftar 42 rute kereta dari dan menuju Jakarta yang dibatalkan
Berikut daftar 42 perjalanan KA keberangkatan 22 Februari 2021 dengan rute dari dan menuju Jakarta sekitarnya yang dibatalkan perjalanannya.
1. Argo Bromo Anggrek rute Surabaya Pasarturi – Gambir2. Argo Bromo Anggrek rute Gambir - Surabaya Pasarturi
3. Argo Lawu rute Solo Balapan – Gambir
4. Argo Dwipangga rute Gambir - Solo Balapan
5. Argo Parahyangan rute Gambir - Bandung
6. Argo Parahyangan rute Bandung – Gambir
7. Argo Parahyangan rute Gambir – Kiaracondong
8. Argo Parahyangan rute Bandung – Gambir
9. Jayabaya rute Malang - Pasar Senen
10. Dharmawangsa Ekspres rute Pasar Senen - Surabaya Pasarturi
11. Bengawan rute Pasar Senen – Purwosari
12. Tegal Ekspres rute Tegal - Pasar Senen
13. Tegal Ekspres rute Pasar Senen – Tegal
14. Serayu rute Purwokerto - Pasar Senen
15. Serayu rute Pasar Senen – Purwokerto
16. Serayu rute Purwokerto - Pasar Senen
17. Walahar Ekspres rute Purwakarta – Cikarang pukul 05.05
18. Walahar Ekspres rute Cikarang – Purwakarta pukul 05.45
19. Walahar Ekspres rute Purwakarta – Cikarang pukul 09.00
20. Walahar Ekspres rute Cikarang – Purwakarta pukul 07.00
21. Walahar Ekspres rute Purwakarta – Cikarang pukul 13.10
22. Walahar Ekspres rute Cikarang – Purwakarta pukul 11.20
23. Walahar Ekspres rute Purwakarta – Cikarang pukul 14.45
24. Walahar Ekspres rute Cikarang – Purwakarta pukul 13.35
25. Walahar Ekspres rute Purwakarta – Cikarang pukul 17.45
26. Walahar Ekspres rute Cikarang – Purwakarta pukul 18.37
27. Jatiluhur rute Cikampek -Cikarang
28. Jatiluhur rute Cikarang - Cikampek
29. Argo Bromo Anggrek rute Surabaya Pasarturi – Gambir
30. Argo Bromo Anggrek rute Gambir Surabaya Pasarturi
31. Argo Lawu rute Solo Balapan - Gambir
32. Argo Dwipangga rute Solo Balapan – Gambir
33. Gajayana rute Malang – Gambir
34. Gajayana rute Gambir - Malang
35. Bima rute Surabaya Malang
36. Bima rute Gambir – Surabaya Gubeng
37. Jayabaya rute Pasar Senen – Malang
38. Dharmawangsa rute Surabaya Pasarturi - Pasar Senen
39. Jayakarta rute Surabaya Gubeng – Pasar Senen
40. Jayakarta rute Pasar Senen Surbaya Gubeng
41. Bengawan rute Purwosari Pasar Senen
42. Serayu Pasar senen - Purwokerto
Cara refund tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access di ponsel
Bagi pelanggan yang perjalanannya dibatalkan telah dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk diinfokan terkait pengembalian tiketnya. Joni menjelaskan KAI akan mengembalikan 100% uang tiket bagi pelanggan yang perjalanannya telah dibatalkan.
Pembatalan dapat dilakukan di seluruh stasiun penjualan tiket KA Jarak Jauh/ Lokal hingga 30 hari setelah tanggal keberangkatan.
Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI 121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI 121.
Berikut cara untuk refund tiket kereta api
1. Pilih Menu My Trips
Pada menu My Trips, pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.
Tiket yang dibeli melalui channel eksternal, misalnya Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, kantor pos, Tiket.com, dan lainnya juga bisa dilakukan pembatalan tiket di KAI Access.
Syaratnya, satu di antara nomor identitas dalam tiket, sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access yang telah terdaftar.
2. Pembatalan
Pada menu E-Ticket, klik "Pembatalan".
Tombol "Pembatalan" hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.
3. Pilih Nama Penumpang
Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket perjalanan kereta.
4. Lanjutkan
Baca halaman Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju.
Lanjutkan proses pembatalan.
5. Masukkan Akun Bank
Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund), kemudian lanjutkan proses pembatalan.
6. Konfirmasi
Pada halaman ini, pastikan pembatalan tiket perjalanan sesuai dengan yang kamu pilih pada tahap sebelumnya.
7. Yakin?
Klik tombol "Konfirmasi dan Lanjutkan" pada halaman konfirmasi pembatalan.
Kemudian, pastikan kamu yakin akan melakukan pembatalan tiket.
8. Berhasil
Setelah melalui proses di atas, proses pembatalan tiket telah berhasil.
Detail syarat dan ketentuan pembatalan melalui aplikasi KAI Access dapat dibaca pada kolom "Syarat dan Ketentuan Pembatalan Secara Online" di nomor 4.
Selain itu, pengembalian bea (refund) biasanya dilakukan setelah hari ke-30 hingga hari ke-45.
Pengembalian bea hanya melalui transfer bank ke satu penumpang dalam kode booking tersebut.
Sehingga, pastikan nomor rekening dan nama pemohon pembatalan sama dengan nama yang terdaftar pada buku Rekening Bank Pemohon.
Editor: Agung DH