Chandra Hamzah Disebut Bakal Isi Jabatan di Bank BUMN

Oleh: Mohammad Bernie - 18 November 2019
Arya Sinulingga memastikan mantan wakil ketua KPK Chandra Hamzah akan mengisi posisi di BUMN sektor keuangan atau perbankan.
tirto.id - Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga memastikan mantan wakil ketua KPK Chandra Hamzah akan mengisi posisi di BUMN sektor keuangan atau perbankan.

Kepastian itu diperoleh usai pertemuan antara Chandra dengan Menteri BUMN Erick Thohir hari ini.

"Beliau akan ditempatkan di perusahaan BUMN, posisinya apakah direktur atau posisi komisaris, tunggu tanggal mainnya," kata Arya di Kementerian BUMN pada Senin (18/11/2019).

Arya juga menyebut Chandra bakal menerima posisi yang ditawarkan Erick.

Arya menjelaskan alasan Chandra dipilih adalah karena dia telah dikenal kredibilitasnya oleh masyarakat. Diharapkan kehadiran Chandra akan meningkatkan imej baik BUMN itu di depan masyarakat sehingga investor pun tertarik masuk.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo disebut memiliki misi khusus di sektor keuangan. Sosok Chandra dianggap tepat untuk menuntaskan misi itu dengan cepat.

"Pak Jokowi punya visi misi tertentu di bidang itu dan beliau akan menempati posisi itu dan mempercepatnya," imbuh Arya.

Di sisi lain, Chandra Hamzah usai pertemuan mengaku tak ditawari jabatan oleh Erick.

Dia mengklaim pertemuan antara keduanya hanya membahas BUMN secara umum.

"Saya malah enggak tahu [soal penawaran jabatan di BUMN]. Kita hanya malah bicara soal BUMN saja," kata Chandra di Kementerian BUMN, Jakarta pada Senin (18/11/2019).

Salah satu yang dibicarakan adalah soal pengalaman Chandra kala menjadi komisaris utama di PT PLN pada 2014 lalu.

Chandra juga menjelaskan soal regulasi yang selama ini menghambat perusahaan pelat merah itu untuk melaju. Di sisi lain Erick juga mengeluh soal banyaknya pejabat BUMN yang jadi pasien KPK.

"Jadi jangan sampailah ada pejabat BUMN tersangkut kasus korupsi lagi. Jadi pak menteri menyampaikan, salah satu yang penting adalah integeritas," kata dia.


Baca juga artikel terkait CALON DIREKSI DAN KOMISARIS BUMN atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Hendra Friana
DarkLight