Cegah Omicron BA.4 dan BA.5, Wagub DKI Minta Warga Divaksin Booster

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 13 Jun 2022 12:33 WIB
Wagub DKI Jakarta Riza Patrian mengimbau masyarakat Jakarta tetap menerapkan protokol kesehatan.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat segera divaksinasi dosis ketiga atau booster. Hal itu guna mencegah penularan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang sudah ditemukan di Indonesia.

"Pemprov [DKI Jakarta] akan pastikan seluruh warga mendapatkan vaksinasi," kata Riza di Polda Metro Jaya, Senin (13/6/2022).

Riza juga mengimbau masyarakat Jakarta tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan meski ada pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Yang lebih penting adalah kesadaran warga [Melindungi diri] itu sendiri," tuturnya.

Riza memastikan Pemprov DKI bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiap sarana prasarana kesehatan dalam penanganan subvarian Omicron di Ibu Kota. Akan tetapi, ia tak merinci sarana prasarana kesehatan apa saja yang dimaksud.

"Jadi, upaya pencegahan sudah dilakukan bersama kemenkes," kata dia.

Kemenkes mengumumkan 4 kasus subvarian BA.4 dan BA.5 pertama di Indonesia pada 6 Juni lalu. Subvarian Omicron tersebut memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Empat kasus itu terdiri dari satu Warga Negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi Omicron BA.4 dengan kondisi klinis tidak bergejala dan telah vaksinasi lengkap.

Sementara tiga orang lainnya positif terinfeksi Omicron BA.5. Mereka merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) delegasi pertemuan The Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) di Bali pada 23-28 Mei 2022.


Baca juga artikel terkait SUBVARIAN OMICRON atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight