Cara Sepak Bola Lawan Virus Corona: Donasi Zlatan & Juggling Messi

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berbagai macam cara dilakukan sepak bola untuk melawan virus corona COVID-19, mulai dari penggalangan donasi ala Zlatan Ibrahimovic hingga tantangan juggling tisu toilet yang melibatkan Lionel Messi.
tirto.id - Berbagai cara dilakukan oleh atlet sepak bola dalam kampanye melawan pandemi virus corona (COVID-19). Mulai dari donasi yang digagas Zlatan Ibrahimovic hingga gerakan #10touchchallenge yang diikuti Lionel Messi.

Liga-liga elite Eropa dihentikan sementara terkait penyebaran virus corona di benua tersebut. Premier League pada Kamis (19/3/2020) baru saja mengumumkan tambahan jeda hingga 30 April.

Lain lagi Serie A dan Primera Division yang digelar di dunia negara dengan kasus positif corona terbesar di Eropa. Berdasarkan data Center for Systems Science and Engineering (CSSE) Johns Hopkins University (JHU) di Italia hingga Kamis (19/3) tercatat ada 41.035 kasus positif COVID-19 dengan 3.405 kematian.

Semua kegiatan olahraga diliburkan setidaknya sampai 3 April. Presiden klub Genoa, Enrico Preziosi memperkirakan kompetisi Serie A baru bisa berjalan pada 9 Mei 2020.

Sementara itu di Spanyol hingga Kamis (19/3) terdapat 18.077 kasus positif COVID-19. Terdapat 833 orang meninggal akibat pengaruh virus ini. LaLiga sendiri divakumkan selama dua jornada. Seperti di Liga Italia dan liga-liga domestik Eropa, para pemain di klub profesional menjalani swa-karantina sembari tetap berlatih.



Menggalang Donasi

Para pemain sepak bola banyak melakukan kampanye untuk membangkitkan kesadaran publik tentang bahaya pandemi corona. Zlatan Ibrahimovic, bomber AC Milan, menggalang donasi untuk membantu petugas kesehatan di Rumah Sakit Humanitas di Lombardy dan Piedmont.

Ibra menggunakan akun Instagramnya @iamzlatanibrahimovic untuk menggugah para pengikut sang penyerang asal Swedia. Ia menuliskan, "Bersama, kita benar-benar dapat membantu rumah sakit, dokter, dan perawat yang bekerja tanpa pamrih setiap hari untuk menyelamatkan hidup kita. Karena hari ini kita yang mendukung mereka! Mari bersama-sama tendang virus corona dan menangkan pertandingan ini!"

Tak lupa, kalimat khas Ibrahimovic dicetuskan, "Dan ingat: jika virus tidak mendatangi Zlatan, Zlatan yang mendatangi virus!"



Penggalangan dana tidak hanya dilakukan Zlatan Ibrahimovic. Fiorentina, yang 10 member klubnya positif COVID-19 juga mengajak fans mereka berdonasi lewat GoFundme. Hingga Jumat (20/3/2020) terdapat sekitar 1.100 penyumbang dengan total dana terkumpul mencapai 482.646 euro.

Tantangan Juggling Tisu Toilet

Penggalangan dana bukanlah satu-satunya cara yang dilakukan pemain sepak bola untuk melawan pandemi corona. Untuk menghibur fans, para bintang LaLiga Spanyol mengikuti tantangan #10touchchallenge, termasuk Lionel Messi. Caranya mudah, para pemain itu menggunakan satu gulungan tisu toilet untuk juggling.

Selain Messi, beberapa pemain Barcelona lain yang melakukan tantangan yang sama adalah Riqui Puig hingga Arturo Vidal. Eks kapten Barca, Xavi Hernandez juga menyanggupi ide menghibur ini. Brahim Diaz dari Real Madrid tidak mau ketinggalan beraksi memainkan tisu toilet.



Main Gim Daring FIFA 20

Bermula dari gagasan Ibai Llanos, komentator esports, terciptalah kompetisi Liga Spanyol dengan menggunakan gim daring FIFA 20. Setiap klub LaLiga diwakili satu orang. Nantinya, uang yang terkumpul dari acara yang berlangsung secara live ini akan disumbangkan kepada para petugas kesehatan di Spanyol yang bekerja sepenuh tenaga menghadapi pandemi corona.

Dikutip dari AS, perwakilan klub Primera Division yang ikut tampil di kompetisi ini adalah Lucas Perez (Alaves), Gorka Guruzeta (Athletic Bilbao), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Sergi Roberto (Barcelona), Kevin Vazquez (Celta Vigo), Edu Exposito (Eibar), Adri Embarba (Espanyol), Jason (Getafe), Jose Antonio Martinez (Granada), Aitor Ruibal (Leganes), Carlos Clerc (Levante), Alejandro Pozo (Mallorca), Ruben Garcia (Osasuna), Marco Asensio (Real Madrid), Adnan Januzaj (Real Sociedad), Sergio Reguilon (Sevilla), Carlos Soler (Valencia), Pedro Porro (Valladolid), hingga Manu Morlanes (Villarreal).

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight